Pendidikan

TMI PPDB Jabar 2019, Penerimaan PPDB Online Tingkat SMA Tidak Transparan

BANDUNG, MBInews.id – Koordinator Kajian Tim Monitoring Independen (TMI) PPDB Jabar 2019 menilai penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 online tingkat SMA tidak transparan. Hal itu tampak pada tidak adanya data passing grade siswa diterima dan tidak.

Koordinator Kajian TMI PPDB Jabar 2019 Iwan Hernawan menyayangkan tidak munculnya data detail calon peserta didik pada PPDB online tingkat SMA di Jabar. Kondisi itu, kata dia, sangat menyulitkan orang tua didik mengetahui passing grade sekolah di tiap jalurnya.

“Orang tua didik juga tidak tahu posisi anaknya dalam satu jalur pilihan. Mereka pun tidak tahu atas dasar apa tidak diterima disekolah tersebut, kemudian dilakukan ke sekolah lainnya,” beber Iwan, Selasa (2/7/2019).

Menurut dia, selama ini biasanya setiap PPDB online cadik bisa melihat urutan nilai pada setiap jalur sehingga tidak menimbulkan prasangka buruk dari masyarakat.

“Dengan tidak ada passing grade pada setiap sekolah, maka sudah tidak ada lagi pedoman untuk tahun depan untuk memilih sekolah yang di perkirakan sesuai dengan hasil prestasi akademik maupun zonasi anak,” tegas dia.

Padahal, jelas dia, dalam Pasal 5 ayat (1) huruf c Pergub Jabar  No 16  Tahun 2018 tentang PPDB Jabar  jelas disebutkan  prinsip PPDB adalah transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan peserta didik bersifat terbuka.

Informasi itu, kata dia, mestinya dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua siswa. Keterbukaan itu penting untuk menghindarkan penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi.(**)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button