HukumRegionalTNI/POLRI

Tabrakan Beruntun Tol Purbaleunyi KM 91 + 400, Polda Jabar Dan Polres Purwakarta Tengah Buru Sopir Dumb Truk

BANDUNG, MBInews.id – Ditlantas Polda Jabar dan Polres Purwakarta tengah mencari sopir dump truck yang terguling dan melintang di tengah jalan Km 91 + 400 Tol Purbaleunyi.

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, setelah terguling lalu terjadi tabrakan beruntun, sopir dump truk bermuatan tanah itu melarikan diri. Saat ini dalam pencarian Ditlantas Polda Jabar dan Polsek Purwakarta.

“Kami sedang melakukan penyelidikan, pendataan. Truk-nya kan jelas. Nomor polisinya juga jelas. Itu lebih mudah diketahui (identitas sopir). Pasti data sopirnya pun jelas. Kami minta waktu nanti siapa sopirnya. Saat ini (sopir dump truck) dalam pencarian,” kata Rudy ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (2/9/2019).

Rudy mengemukakan, berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan keterangan saksi, kecelakaan ini berawal dari kendaraan melaju kencang karena melalui turunan. Saat tiba di lokasi kejadian, dump truck bermuatan tanah terguling.

Akibatnya, 21 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun, tabrak belakang. Truk tujuh unit, kendaraan pribadi 11 unit, dan tiga bus. Empat kendaraan di antaranya terbakar, yaitu tiga kendaraan kecil dan satu truk sedang.

“Saya ke TKP. Saya melihat, petama ujung paling depannya yang mana berarti itu awalnya (tabrakan beruntun). Pasti, karena ujung depannya. Karena belakang pasti mengikuti. Ternyata ada dump truck berisi tanah yang melintang d tengah jalan. Ini sedang dilakukan penyelidikan dengan teknologi. Tapi saya melihat di TKP, pasti penyebab kecelakaannya itu tergulingnya mobil itu (dump truck) sehingga terjadi tabrakan beruntun,” ujar Kapolda.

Menurut Rudy, karena lokasi kejadian merupakan jalan menurun, sehingga pengendara memacu kendaraannya dengan kecapatan tinggi. Saat tiba di lokasi kejadian, di tengah di antara dump truck sama mobil lain, ada dump truck juga. “Berarti itulah dump truck yang mendorong mobil kecil itu sampai terlempar keluar dan terbakar,” tutur dia.

“Akibatnya, delapan orang meninggal dunia. Enam korban meninggal akibat luka terbakar dan dua akibat luka berat. Jumlah korban luka, 16 luka ringan, luka berat 4 orang,” tutur Rudy.

Korban dievakuasi ke empat rumah sakit, yakni RS Siloam, RSUD Bayuasih, RS MH Thamrin, dan RS Bakti Husada Purwakarta. (Baca juga: Warga Tanjung Priok Jadi Korban Tabrakan Beruntun di Purbaleunyi).

Kondisi saat ini, ungkap Kapolda, tinggal empat mobil yang masih berada di jalan tol. Ditlantas Polda Jabar dana Polres Purwakarta melakukan contraflow. Jika dump truck telah berhasil dievakuasi, jalan bisa kembali terbuka dan dilintasi. “Kendaraan yang terlibat kecelakaan ke Polres Purwakarta semua,” pungkasnya (Koes**)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button