Cimahi & KBB

Tingkatkan Keamanan Lingkungan, Camat Cimahi Tengah Lakukan Monsis di Karangmekar

Mbinews.id, Cimahi– Pemerintah Kota Cimahi melalui Kecamatan Cimahi Tengah menggelar program monitor siskamling ke tiap tiap RW yang ada di wilayah Cimahi Tengah. Selain monitoring siskamling hal ini juga dilakukan sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat Cimahi Tengah.

Seperti halnya yang dilakukan Camat Cimahi Tengah bersama rombongan melakukan monitoring siskamling di wilayah Kelurahan Karangmekar tepat di RW 10. Hadir dalam rombongan tersebut diantaranya Camat Cimahi Tengah bersama jajarannya, Danramil Cimahi, Kapolsek Cimahi, Lurah Karangmekar bersama jajarannya, Jumat malam (13/09).

Dari pantauan dilapangan, kehadiran rombongan tersebut disambut baik pihak tuan rumah yaitu ketua RW 10 bersama warganya dengan disambut musik rebana nuansa islami dari anak anak pengajian di masjid Al-Fattah. Rombongan dan warga berkumpul di masjid Al-Fattah.

Dalam sambutannya, Camat Cimahi Tengah Sugeng Budiono, S.Sos., MT., menyampaikan pentingnya memelihara keamanan dan ketertiban salah satunya dalam bentuk Ronda. Ronda memiliki manfaat dalam menjaga keamanan lingkungan, antisipasi dampak bencana, dan ajang silaturahmi antar warga.

“Siskamling sudah berjalan maka masyarakat akan saling silahturahmi, selain itu juga siskamling ini Gguna mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan serta untuk menjaga keamanan lingkungan,”ungkap Camat.

Lanjut Camat minta siskamling itu kepentingannya untuk kita semua agar merasa aman di wilayahnya.  Hal ini juga guna membantu pihak kepolisian. Siskamling di RW 10 agar digalakan lagi dan lebih di tingkatkan.

“Dengan personil kepolisian yang terbatas maka dengan adanya siskamling bisa lebih mudah dalam penanganannya dan sekaligus membantu pihak kepolisian dari segi keamanan,”pintanya.

Sementara Danramil 0922 Kota Cimahi, Mayor inf Wastra  mengatakan pihaknya akan selalu membantu permasalahan masyarakat dari segi keamanan. Untuk saat pihak danramil sendiri memgang dua wilayah antara lain wilayah Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Selatan.

“Masyarakat dalam kegiatan tersebut supaya warga menyampaikan kondisi wilayah terutama mengenai potensi-potensi konflik,”ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Kapolsek Kompol Sayidina SH.  dalam sambutanya juga menyampaikan tentang pentingnya silaturahmi dalam lingkungan. Silaturahmi dalam siskamling sebagai upaya preventif dalam menangkal tindakan kejahatan dan kegiatan yang meresahkan masyarakat.

Ditempat yang sama juga Lurah Karangmekar, M Nur Efendi mengatakan pada intinya ada siskamling setahun sekali tidak apa apa, tapi dengan adanya monitoring siskamling ini bisa menjadi sehari sekali.  Sebab siskamling merupakan kebutuhan dasar dari segi keamanan.

“Kalau ada ronda bisa lapor langsung kepada  Babinsa dan Babinmas Kelurahan Karangmekar ataupun ke pusdik melalui yang piket,”ujar Lurah

Lurah memberikan salah satu contoh yang pernah dialaminya beberapa bulan kebelakang ada orang sepuh yang tidak memiliki identitas dan tempat tinggal, tapi dengan adanya komunikasi maka akan terrealisasi masalahnya.

“Pihak kelurahan kebingunan soalnya orang sepuh itu tidak memiliki identitas, jadi mau dianter kemana ga tau alamatnya. Pihak kelurahan selalu koordinasi dengan babinsa dan babinmas,”paparnya.

“Selain itu juga pihak kelurahan pun telah menyediakan ambulan untuk digunakan oleh masyarakat. Jika ada yang membutuhkan tinggal datang atau telepon bagi yang sudah memiliki no teleponnya,”pungkasnya. Koes

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button