PolitikSukabumi

Sah, Kamal Suherman Jabat Ketua DPRD Kota Sukabumi Periode 2019-2024

SUKABUMI, MBInews.com — Akhirnya Kamal Suherman resmi menjabat sebagai pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi periode 2019-2024. Penetapan tersebut digelar dalam rapat paripurna tentang Rancangan Keputusan DPRD Kota Sukabumi tentang penetapan calon Pimpinan DPRD Kota Sukabumi yang berlangsung di Gedung DPRD Kota Sukabumi, Rabu malam (02/10/2019).

Kamal Suherman dari Partai Gerindra menjadi Ketua DPRD Kota SUkabumi, sedangkan Jona Arizona dari Patai Golkar menjadi wakil ketua dan dari Partai PKS ditunjuk Wawan Juanda menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi.

Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi sementara Jona Arizona menyebutkan, pasca penetapan tersebut akan diserahkan ke Gubernur Jawa Barat. Hal itu dilakukan melalui Wali Kota Sukabumi. “Nanti SK pimpinan definitifnya dari gubernur,” ujarnya.

Setelah turunnya SK dari gubernur, segera akan dilakukan pelantikan pimpinan yang definitif. Berharap kata Jona, semua adminsitrasinya bisa selesai dalam waktu sepekan. “Ya, mudah-mudahan tidak lama lagi ada pelantikan pimpinan definitif,” ucapnya.

Ketika disinggung tidak hadirnya Ketua DPRD Kota Sukabumi sementara, Jona mengatakan bahwa ketua sementara yakni Momi Soraya sedang berada diluar Kota, sehingga tidak bisa menghadiri rapat paripurna tersebut. “Tapi sesuai aturan paripurna ini sah. Sebab pimpinan itu bersifat kolektif kolegial. Selain itu anggota DPRD Kota Sukabumi sudah memenuhi jumlah minimal yang hadir. Sebab dari 35 jumlah anggota Dewan kota Sukabumi, ada 33 yang hadir,” bebernya.

Jona mengaku, selama satu bulan bertugas menjadi pimpinan sementara, pihaknya sudah hampir merampungkan berbagai tugas. Dari empat tugas pimpinan sementara yakni memimpin rapat, menyusun tatib dan kode etik, menetapkan calon pimpinan definitif dan yang terakhir ini memfasilitasi pembentukan fraksi.

Jona juga menambahkan, jika sudah terbentuk pimpinan definitif, selanjutnya berlanjut pembentukan Alat Kelangkapan DPRD (AKD) Kota Sukabumi. “Setelah itu akan membahas beberapa rancangan tata tertib dan kode etik DPRD dan juga membahas Rancangan APBD tahun 2020,” jelasnya. (Ardan)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button