NasionalTNI/POLRI

Ratusan Personel Polda Bali Ikuti Apel Gelar Pasukan Ops Puri Agung XVI

POLDA BALI, MBInews.id – Kepolisian Daerah Bali dan Kodam IX/Udayana menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan kerja Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin beserta Hj. Estu Wury Ma’ruf Amin di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Renon, Denpasar, Rabu (30/10/2019) sekitar pukul 08.00 Wita.

Apel ini dihadiri Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Djoko Prihadi, S.H., Dirpamobvit Polda Bali Kombes Pol. Didi Hardi Sopandi, Danrem 163/Wirasatya, Kolonel Arh. AM. Suhariyadi, Wadir Polairud Polda Bali, AKBP Bambang Wiriawan, S.H., M.H. dan diikuti ratusan peronel TNI-Polri.

Kedatangan Wakil Presiden ke Provinsi Bali untuk menghadiri 15th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) and 2020 Price Outlock di BICC Nusa Dua tanggal 31 Oktober 2019. 

Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri saat memimpin apel mengatakan, pengamanan VVIP bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi dari VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi.

“Pengamanan VVIP yang kita laksanakan ini harus dilakukan sesuai SOP (Standard Operational Procedure), masing-masing personel harus tahu siapa, berbuat apa dan harus mengetahui tugas serta fungsi tugasnya,” kata Brigjen TNI Kasuri.

Menurutnya, pengamanan tidak boleh menjadi sesuatu yang monoton dan rutinitas. Tetapi setiap operasi pengamanan adalah sesuatu yang baru dan selalu ada dinamika berbeda di lapangan. Untuk itu diperlukan keperdulian, sikap tanggap dan kesiapan semua satuan tugas pengamanan.

 “Setiap unsur harus disiplin menjaga mental, fisik serta tidak menunjukkan tindakan yang tidak simpatik dan arogan. Kita juga mewaspadai dan monitor daerah-daerah rawan dengan upaya antisipasi penanganan secara terpadu lintas sektoral,” ujar Kasdam IX/Udayana.

Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Djoko Prihadi, S.H. menjelaskan, dalam pengamanan ini, Polda Bali menggelar Operasi Puri Agung XVI yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 30 Oktober – 1 November 2019. Sebanyak 315 personel diterjunkan dalam operasi ini.

“Hari ini Polda Bali melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Puri Agung XVI tahun 2019. Sasarannya adalah pengamanan kunjungan kerja Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin beserta Hj. Estu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan ke Provinsi Bali. Pengamanan berlangsung selama tiga hari,” kata Kombes Pol. Djoko Prihadi, S.H.

Perwira melati tiga di pundak ini juga menyampaikan, sebelum digelar Operasi Puri Agung, Polda Bali sudah melakukan koordinasi dengan panitia dan instansi terkait yang ada di daerah Bali.(Iwan B/Mbi)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button