Bandung Raya

Sukseskan RHL 2019, BPDASHL Cimanuk- Citanduy Tinjau Bibit Siap Tanam

Mbinews.id– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung menyiapkan dengan serius Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian terkait program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) 2019. RHL tahun ini KLHK menargetkan  seluas 230 ribu hektare yang tersebar di 15 DAS, dan salah satunya terdapat di wilayah kerja BPDASHL Cimanuk-Citanduy.

Kegiatan RHL di wilayah kerja BPDASHL Cimanuk Citanduy dilakukan oleh Perhutani Divre Jabar Banten yang mencapai 8.500 ha, yang tersebar di 4 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) yaitu KPH Garut, Sumedang,  Tasikmalaya, dan Majelengka. Untuk di KPH Garut sendiri mencapai seluas 6.728 ha.

Belum lama ini, Tim Pembina RHL yang terdiri dari unsur Dinas Kehutanan Jabar, BPDASHL Cimanuk-Citanduy, Perhutani Divre Jabar-Banten, TNI, POLDA, Kejati, Forum DAS dan MKTI Jabar meninjau langsung lokasi pembibitan tananaman di pengelolaan KPH Leles dan lokasi tanam di RKH Tarogong-Garut kemarin lalu.

Menurut Kepala BPDASHL Cinamuk-Citanduy, Ir.Rukma Dayadi,M.Si didampingi Kasie RHL, H. Eman Suherman, S,Hut, MM mengatakan, melihat kondisi persemaian bibit yang ada di pengelolaan KPH Garut ini, semua bibit tumbuh dengan baik dan sudah siap untuk ditanam.

Adapun salah satu lokasi persemaian untuk kegiatan RHL terletak di BKPH Leles Garut. Ada beberapa jenis tanaman diantaranya Pinus, Eucalypthus, Nangka, Kayu manis, Meisopsis, Kopi, Alpukat dan lain-lain. secara keseluruhan Berbagai jenis bibit yang tersebar di 8 BKPH semuanya sudah siap untuk disebar dan ditanam.

“Alhamdulillah, seluruh bibit tanaman yang disemai di lokasi persemaian BPKH Leles ini tumbuh dengan subur, dan sudah siap untuk ditanam”, ucap Rukma.

Eman Suherman menambahkan, KPH Garut dengan luas wilayah 6.728 ha, memiliki 8 BKPH, salah satunya di BKPH Leles ini. Namun, persemaian pembibitan dilakukan di seluruh BKPH di KPH Garut. Hal ini dilakukan untuk mendukung suksesnya RHL 2019.

Untuk di RPH Tarogong Kec. Samarang akan ditanami sebanyak 11. 200 jenis, terdiri dari Pinus, dan Eucalyptus, Nangka dan tanaman selanjutnya berupa Kopi. Lahan yang akan ditanami sudah digali/dilobangi dan sudah diberi pupuk kandang.

“Bibit sudah siap, lahan juga sudah siap, Jadi minggu depan kita akan lakukan penanaman yang seraca simbolis akan dilaksanakan di RPH Tarogong ini,”pungkas Eman.*

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button