EkonomiJabarSukabumi

Perkuat Sektor UMKM Dan Pendidikan, Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Sukabumi Alami Kenaikan

SUKABUMI, MBInews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan terus melakukan peningkatan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) ditahun-tahun berikutnya. Bahkan, di dua tahun mendatang bisa mencapai 6 persen.

“Ditahun 2018 LPE kita berada diangka 5,43 persen, dan ditahun berikutnya bisa naik sampai 5,76 persen,”ujar Walikota Sukabumi disela-sela pembukaan kick off meeting perencanaan pembangunan di tahun 2021 di salah satu hotel di Kota Sukabumi Senin, (02/12/2019).

Fahmi mengatakan, ada beberapa sektor yang harus terus didorong oleh pemerintah. Misalkan, percepatan peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kemudian mengantisipasi angka pengangguran cukup tinggi.”Selain itu kita juga harus mengantisipasi siswa ataupun pelajar yang nantinya malah menjadi penganguran baru,”terangnya.

Untuk itu lanjut Fahmi, ada beberap sektor yang harus dikembangkan dalam mengembangkan LPE, mulai penguatan di UMKM nya serta inovasi pendidikanya.”Nanti kita perkuat link and match nya, kemudian komitmen daerah untuk menciptakan wira usaha baru,”tuturnya.

Sementara berkaitan dengan infrastruktur Fahmi tidak mempermasalahkan, pasalnya infrastruktur di Kota Sukabumi tergolong cukup baik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. tetapi, tentu dalam rangka mendukung UMKM nanti dipersiapkan, seperti di Sukabumi Kelurahan Entrepreneur Center (Sukabumi Kece) ada yang namanya warung kece itu merupakan salah satu infrastuktur UMKM.”Kalau masalah infrastruktur gak ada masalah sih, tapi nanti kita akan siapkan untuk mendukung peningkatan LPE,”akunya.

Bukan hanya untuk peningkatan LPE saja, namun Fahmi juga berharap nilai inflasi di Kota Sukabumi tidak tinggi kedepanya.”Inflasi ditahun 2018 sebesar 2.47 persen ditahun 2020 sampai tahun 2021 diharapkan tidak mencapai angka 4. Artinya, kita harus menjaga nilai inflasi tidak lebih dari angka 3 persen,”pungkasnya.(ardan/mbi)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button