Bandung RayaJabarPendidikanRegional

STIMLOG “Gelar Enterpreneur Sharing Day” Ajak Mahasiswa Tanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

BANDUNG, MBInews.id  – Mahasiswa  Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG)  dalam rangka menyambut tahun 2020 dengan semangat enterpreneurship.Mengajak Mahasiswanya untuk berwirausaha melalui Entrepreneurship Day  sebagai upaya dalam menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Dengan menampilkan enterpreneur sukses dari Kota Bandung. STIMLOG  siap membekali mahasiswanya agar mempunyai  jiwa wirausaha  sejak dini,  dengan menggelar Enterpreneurship Sharing Day, yang dibuka oleh Ketua STIMLOG Rachmawati Wangsaputra,Ph.D,  digedung Auditorium STIMLOG, jl. Sariasih No. 54 Sarijadi, Bandung, Senin (23/12/2019)

Kegiatan Enterpreneurship Sharing Day yang dibagi 2 sesi menampilkan narasumber diantaranya pada sesi pertama yang dimulai pukul 08.00 – 11.30 dengan pemateri Melvin Mumpuni ST., MBA, CFP, QWP seorang Financial Planner, Financial Consultant, Founder and CEO Finansialku.com dan Muhammad Elvandi seorang Penulis buku Sang Pemuda, Inspirator Wirausaha dan Founder Muda Community.

Sesi kedua yang dimulai pukul 13.00 – 17.00 menempati gedung Melati diruang kelas yang dibagi menjadi Ruang Kelas Bisis 1 dengan pemateri Oki Earlivan Sampurna, Founder and CEO Edulab Indonesia dan Tripolic. Selanjutnya oleh Aditya Kusuma Priandhana, Co Founder Dagelan dan Infia Group. Ruang Kelas Bisnis 2 dengan pemateri Ibrahim Mochamad Bafagih, Direktur Tuneeca Group & Bendahara Umum Tangan Diatas 6.0. Selanjutnya oleh Risa Kariska, Founder and CEO Femme Outfit. Ruang Kelas Bisnis 3 oleh Oza Sadewo, Tea Master, Owner Oza Tea dan Olva Patriani, Co Founder Botania. Ruang Kelas Bisnis 4 oleh Aditia Zulfikar, owner Steak Ranjang dan Aditya Citra Sarjana, owner Dapur GG, online food Ayam Geprek. Ruang Kelas Bisnis 5 oleh Tito Afrianto, Direktur Business of Ina Cookies Group, Datuik, Resto Mamasakan dan Grahadea Kusuf, Founder and CEO Kuassa Teknika, Kuassa.com, HMGNC. Ruang Kelas Bisnis 6 oleh dr. Najmah Nur Islami, Owner Coffee Toffee Bandung dan Satria Kurniawan Hoedajanto, Owner Ayam Geprek Pangeran.

Adapun pada sesi kedua dengan membagi pemateri dalam ruang kelas, agar peserta lebih fokus pada pilihan dan minat dan bakatnya dalam berwirausaha untuk lebih termotivasi, mendapatkan inspirasi, informasi dan terutama opportunity dalam memulai atau mengembangkan wirausahanya. 

Eka M. Satiadharma ST., MBA, Kepala Unit Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (UPIK), STIMLOG mengatakan, “Kegiatan STIMLOG Enterpreneurship Sharing Day dalam rangka menyambut tahun 2020 dengan semangat enterpreneurship. Berbagai informasi dan peluang wirausaha dan bisnis akan didapatkan dalam kegiatan Enterpreneurship Sharing Day dari para narasumber, pembicara baik pengusahanya maupun praktisi usaha. Rencananya Enterpreneurship Sharing Day di STIMLOG menjadi kegiatan rutin tahunan sehingga menjadi kultur wirausaha untuk kampus STIMLOG,”kata Eka

Ditambahkan, Enterpreneurship Sharing Day bisa diikuti oleh mahasiswa dari semua prodi, baik prodi Manajemen Logistik maupun prodi Manajemen Transportasi Logistik dan pada semester berapapun di STIMLOG, lanjut Eka, bahkan bisa diikuti oleh umum yakni peserta di luar kampus STIMLOG. Kami menekankan bahwa sebagai student entrepreneur, mahasiswa harus tetap menjaga prestasi akademiknya saat berwirausaha. Adapun sebagai narasumber dan pembicara berasal dari industri atau jenis usaha yang berbeda, agar peluang berwirausaha mahasiswa terbuka lebih luas sesuai minat dan semangat wirausahanya.

“Enterpreneurship Sharing Day selain untuk membekali mahasiswa agar berjiwa wirausaha juga memberi pemahaman bahwa kegiatan logistik dan transportasi logistik ada di setiap jenis industri atau usaha, karena logistik memang bagian dari sistem rantai pasok yang jika ilmu logistik ini diterapkan dengan baik maka akan tercapailah efektivitas dan efisiensi pada sistem rantai pasok tersebut. Sejak 2018 STIMLOG telah menyatakan dirinya tidak saja sebagai Teaching University tetapi juga sebagai Enterpreneurial University. Kami persiapkan mahasiswa siap memasuki dunia kerja atau dunia industri tetapi juga siap bergabung di dunia usaha sebagai job creator, “pungkas Eka.

Menurut Kepala LPPM STIMLOG, Hartati Mediyanti Pakpahan, ST., MT yang juga merupakan Ketua Pelaksana acara Enterpreneurship Sharing Day, “Kegiatan STIMLOG Enterpreneurship Sharing Day lebih membekali mahasiswa untuk menjadi enterpreneur yg baik dengan cara  memotivasi, menginspirasi, memberikan informasi dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mewujudkan keinginannya menjadi entrepreneur sesuai dengan minat dan bakatnya.kata Hartati

Hal ini membantu untuk mematangkan mahasiswa agar lebih siap berkontribusi pada masyarakat saat lulus yakni saat menerapkan disiplin ilmu dan memanfaatkan enterpreneur skill-nya. Kemampuan berwirausaha merupakan bagian pengembangan diri pada mahasiswa,  melalui jiwa enterpreneurshipnya mahasiswa dapat mengkombinasikan dengan aktivitas pengabdian pada masyarakat. Hal ini sesuai dengan salah satu goal LPPM STIMLOG, lanjut Hartati.

“Enterpreneurship Sharing Day akan menjadi agenda tahunan yang dikelola oleh UPIK dengan melibatkan mahasiswa sebagai pelaksananya. Ini adalah langkah STIMLOG membentuk ekosistim wirausaha di kampus sejalan dengan 4 fungsi kampus yg dijelaskan pada renstra pendidikan tinggi, dimana salahnya adalah sebagai agent of economic development,  “pungkas Hartati.

Ditambahkan, Firqin Indallah Al-Bayani, Jurusan Manajemen Logistik, angkatan 2016  “Acara STIMLOG Enterpreneurship Sharing Day” juga mengingatkan teman-teman calon entrepreneur di  STIMLOG untuk terus memelihara mimpi mereka dan jangan takut mengejarnya, terkadang kita terjatuh tetapi dengan mental yang kuat dan keinginan tulus untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain maka itu semua akan dapat dilalui dengan baik, selain itu memadukan ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan insting sebagai seorang wirausahawan mutlak dimiliki oleh seorang calon entrepreneur.pungkasnya (mbi**)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button