JabarRegionalSukabumi

Laporan Pengaduan Masyarakat Kota Sukabumi Di Dominasi PU Dan PJU

SUKABUMI, MBInews.id – Sepanjang tahun 2019 sebanyak 709 pengaduan, masukan dan pemikiran yang disampaikan masyarakat ke Pemkot Sukabumi. Sebanyak 295 aduan masuk ke e-Super dan 101 aduan masuk ke Sukabumi Participated Responder (e-Super). Selebihnya melalui aplikasi media sosial seperti facebook, instagram dan youtube.

“Kebanyakan laporan tentang infrastruktur PU, lalu pengaduan untuk Dishub seperti PJU dan gorong-gorong dan Perumda Air Minum DAM, ini tiga besar terbanyak,”ungkap Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Kota Sukabumi

Tantan Sontani usai kegiatan Penyerahan Anugrah Pengelola Pengaduan Super – Lapor, disalah satu Hotel Jalan Siliwangi Kota SUkabumi. (selasa, (19/02/2020).

Jika dilihat dari jumlah penduduk Kota Sukabumi yang mencapai 370 ribu jiwa, jumlah pengaduan tergolong sedikit. Namun, Tantan mengatakan, diperlukan penelitian untuk mencari tau masih kecilnya pengaduan yang masuk.

“Bisa saja tau tapi pura-pura tidak tau, ada yang tidak tau tapi tidak mau tau. Bisa juga ada yang tau e-Super tapi memilih diupload di medsos. Tapi trennya turun naik, tergantung isu yang sedang hangat. Misalnya penerimaan CPNS atau musim kemarau itu biasanya pengaduan yang masuk cukup tinggi,”ujarnya.

Program e-Lapor merupakan kebijakan pemerintah pusat yang terkoneksi dengan seluruh kota dan kabupaten. Sementara e-Super merupakan program nggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Andri S Hamami.

Diskominfo sebagai admin sementara yang menindaklanjuti adalah SKPD. “Setiap aduan yang masuk kami teruska ke SKPD yang merealisasikan aduan. Hasil pemantaun kami respon dari SKPD cukup cepat. Ada yang dalam satu hari sudah direspon walaupun berdasarkan SOP maksimal 3 hari. Kalau lebih lebih dari 3 hari, maka diaplikasi akan ada tanda merah. Ini sekaligus rapot SKPD yang lambat merespon,”kata dia.

Sementara itu juari 1 untuk kategori penghargaan , koordinasi dan diseminasi pengelolaan pengaduan diarih oleh Disdukcapil, juara ke 2 Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa, dan juara 3 Kecamatan Warudoyong.

“Sedangkan untuk kategori tindaklanjut di lapangan, juara 1 Dinas Perhubungan, juara 2 Dinas Satpol PP dan juara 3 Dinas PUPRPKPP. Dan untuk kategori respon dalam menjawab pengaduan, juara 1 diraih Dinas Kesehatan, juara 2 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan juara 3 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Penghargaan tersebut langsung diserhakn oleh Walikota Sukabumi langsung “pungkas Tantan. (ardan/MBI)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button