EkonomiJabarSukabumi

Cabe – Cabean Alami Penurunan, komoditas Bombay Meroket

SUKABUMI, MBInews.id –  Komoditas cabai-cabaian pekan ini terpantau terus alami penurunan harga. Seperti halnya, dengan cabai rawit merah yang sempat di bandrol Rp90 ribu, kini hanya Rp64 ribu per kilogramnya. begitu juga dengan cabai rawit merah besar semula Rp64 ribu menjadi Rp45 ribu, cabai merah lokal menjadi Rp55 ribu, cabai keriting merah setelah ada penurunan menjadi Rp45 ribu per kilogramnya.

“Ya, untuk jenis cabai-cabain yang dulu sempet alami naik harga, kini semuanya turun, termasuk bawang putih saat ini di bandrol Rp38 ribu per kilonya,”ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindutrian (Diskop, UMKM, Dagrin ) Kota Sukabumi Heri sihombing, yang didampingi oleh Pengawasan Barang Strategis (PBS) Rifki, disela-sela pemantauan Bahan Pokok Penting (bapokting) di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede. Senin, (02/03/2020).

Penurunan terhadap beberapa komoditas tersebut, bisa saja jalur distibusi yang sudah mulai lancar. Atau lanjut Heri, bisa saja barangnya melimpah, sedangkan permintaan menurun.”Selain itu juga bisa diakibatkan penyuplai komoditi tersebut tergolong banyak, dan demand (permintan) tetap,”ujarnya.

Disisi lain Heri juga mengungkapkan, dalam pemantauan diawal pekan ini, ditemukan juga beberapa komoditi yang alami penaikan harga. Diantaranya, bawang merah dan bawang bombay. Untuk bawang merah kata Heri, saat ini dibandrol menjadi Rp32 ribu dari harga sebelumnya Rp28 ribu per kilogram. Sedangkan untuk bawang bombay penaikannya cukup fantastis, dimana saat ini dibandrol Rp95 ribu dari harga awal dikisaran Rp36 ribu per kilogramnya,”Luar biasa naiknya sekitar Rp59 ribu per kilonya,”tutur Heri.

Bahkan untuk komoditi tersebut saat ini alami kelangkaan di sejumlah pengecer. Hal itu ungkap Heri, adanya keterhambatan distribusi. Sebab, bawang bombay yang di beredar di para pedagang, merupakan barang impor.”Rata-rata kelangkaan ini tidak ada pasokan ataupun terhambatnya distribusi barang ke indonesia,”pungkasnya. (ardan/MBI)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button