JabarSeni BudayaSukabumi

Tim Napak Tilas Nyucruk Galur Temukan Situs Museum Prabu Siliwangi Dilembah Pasirumbul Sukabumi

SUKABUMI, MBInews.id – Tim Napak Tilas Nyucruk Galur Mapay Situs dari Museum Prabu Siliwangi Sukabumi kembali menemukan benda pubakala di lembah Pasirumbul Kampung Parabon Pojok, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Benda yang diduga bersejarah tersebut ditemukan di sebuah lembah yang tidak jauh dari Istana Kepresidenan.”Kami diundang untuk datang ke sini oleh pengurus Lembah Pasirsumbul untuk menggali dan meneliti lebih lanjut situs cagar budaya di sini,” kata pengelola Museum Prabu Siliwangi KHM. Fajar Laksana di lokasi eksvakasi, Selasa (16/6/2020).

Dalam penggalianya, Fajar bersama timnya mendapatkan berbagai batu. Seperti, batuan bertumpuk atau punden berundak dan batu berbentuk kapak, batu lumpang, batu menhir, batu dolmen, dan manik-manik perhiasan. Juga fosil kayu.

“Tadinya benda-benda ini akan dibawa ke Sukabumi. Namun kami memutuskan untuk datang ke sini. Selanjutnya pemerintah daerah dapat menindaklanjuti temuan situs baru ini,”terangnya.

Bahkan Fajar menduga di sekitar Pasirsumbul masih banyak benda-benda peninggalan masa lalu lainnya yang belum tergali.“Untuk penggalian lebih jauh diperlukan campur tangan pemerintah daerah setempat. Kami menduga tempat,” tambahnya.

Museum Prabu Siliwangi, tambah Fajar, tugasnya hanya memfasilitasi untuk membuka dan melihat adanya dugaan situs baru cagar budaya. Dia mengharapkan Pemkab Cianjur bersama masyarakat setempat untuk memelihara dan melestarikan lokasi tersebut.( ardan/MBI)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button