Bandung RayaRegional

Pelayanan Kepada Pelanggan Terganggu, Pipa PDAM di Banjaran Bocor

Bandung, MBInews.id — Kembali pipa tranmisi Cisangkuy Lama milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening yang, lokasinya berada di Kp. Bugel RT 04 RW 06 Desa Kamasan Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, mengalami kebocoran pada Senin, (13/07/2020).

Akibatnya, aliran air kepada 60.000 pelanggan durasi dan kapasitasnya terganggu. PDAM Tirtawening pun langsung melakukan perbaikan hingga Rabu (15/7/2020) ini. Diupayakan perbaikan itu tidak akan menganggu lalu lintas, karena pekerjaan berat dilakukan pada malam hari.

“Pada hari Senin (13/7/2020), pipa transmisi air baku Cisangkuy Lama yang berdiameter 800 milimeter ada yang bocor lagi, tapi beda lokasi. Kalau beberapa waktu lalu lokasinya di Dayeuhkolot dekar jembatan Citarum, sekarang di Kampung Bugel di perempatan Banjaran dan Pangalengan,” ungkap Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Sailimi di kantornya, Jl. Badaksinga, Selasa (15/07/2020).

Sonny mengatakan, kebocoran pipa transmisi yang berada di kawasan Dayeuhkolot beberapa waktu lalu terjadi karena korosi. Diduga, kebocoran pipa transmisi di Banjaran ini pun karena penyebab yang sama. Pasalnya, pipa yang bocor berdiameter 5 centimeter ini berada dibawah sama seperti halnya yang terjadi di Dayeuhkolot.

“Kalau bicara dampak (dari kebocoran pipa, red), persis seperti kemarin karena pipanya sama yakni pipa transmisi Cisangkuy Lama,” terangnya.

Tentunya, kata Sonny, aliran air pada pelanggan PDAM bakal terganggu. Sebab, saat pipa transimisi bocor maka aliran air harus dihentikan. Pipa transmisi Cisangkuy Lama ini memiliki kapasitas 800 liter/detik.

“Kehilangan air dari pipa transmisi Cisangkuy Lama ini kita ganti dengan mengaktifkan pompa Sabuga dari Cikapundung dengan kapasitas 200 liter/detik. Kemudian kita juga optimalkan pipa transmisi Dago Bengkok yang biasanya kita manfaatkan 300 liter/detik, sekarang menjadi 600 liter/detik,” ungkapnya.

PDAM Tirtawening menyampaikan permohonan maaf terkait insiden kebocoran pipa transmisi Cisangkuy Lama yang mengakibatkan aliran kepada 60.000 pelanggan terganggu.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan dan kami tidak lelah untuk terus berikhtiar untuk pelanggan setia kami,” ungkap dia, Rabu (15/7/2020).

Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan, tersebut PDAM Tirtawening Kota Bandung menyiagakan truk Tangki Air Minum (TAM) untuk membantu suplai air sebagai antisipasi selama proses distribusi terganggu dan pelanggan dapat menghubungi Kantor Tangki Air Minum dengan syarat dan ketentuan berlaku minimal 10 pelanggan untuk dikoordinir. Ditampung di tempat air (ember) pelanggan pembayaran secara gratis.**

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button