JabarPolitikSukabumi

Antisipasi Tanggap Bencana, Sirojudin Dilantik Kepala Baguna PDIP Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI, MBInews.id – Upaya mengantisipasi dan tanggap bencana di Kabupaten Sukabumi, DPP PDI P melantik Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kota dan Kabupaten Sukabumi. Sabtu (25/07/2020).

Pasalnya menurut Ribka Tjiptaning Selaku Ketua DPP dan anggota Komisi-IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, menganggap pelantikan tersebut harus cepat dilaksanakan, karena Sukabumi merupakan salah satu daerah dengan potensi bencana alam yang cukup tinggi.

“Dengan geografis Sukabumi, potensi bencana alam gempa bumi, longsor, kekeringan, hingga bencana hidrometeorologi lain yang cukup tinggi sehingga diperlukan mitigasi yang cukup serius dari seluruh unsur pemerintahan hingga masyarakat” ujarnya

Ribka Memandang pentingnya arti mitigasi atau upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak bencana, Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P) dibawah garis komando Ketua DPP PDI Perjuangan bidang penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning Proletariyati, hari ini membentuk sekaligus melantik Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Ribka Tjiptaning yang juga menjabat sebagai wakil rakyat Sukabumi anggota Komisi-IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan bersama Kepala Baguna Pusat Max RB menyematkan rompi Baguna menandai dilantiknya Sirojudin sebagai Kepala Baguna Kabupaten Sukabumi.

Pelantikan Kepala Baguna disaksikan seluruh petinggi Partai berlambang Banteng Kabupaten dan Kota Sukabumi serta 19 unsur masyarakat meliputi perwakilan Petani, Nelayan, Pengamen, Serikat Buruh, Pemuda, dan Komunitas Masyarakat Sukabumi di Bravo Adventure Cikidang Sukabumi, Sabtu (25/7/2020).

Nantinya, kata Ribka tugas Baguna tidak hanya menangani bencana alam saja, tugas penting lainnya adalah menangani bencana sosial di masyarakat.

“Bencana itu tidak hanya bencana alam basah dan kering, ada yang lebih penting yaitu bencana sosial, seperti misalnya pasien di tolak di Rumah Sakit itu bencana sosial, pengangguran pun itu bencana sosial,” ungkap Ribka, Sabtu (25/7).

“Tugas Baguna menangani segala jenis bencana, bencana sosial pun kita harus siap membantu. Untuk masyarakat apabila ingin minta bantuan Baguna, bisa datang langsung ke DPC PDI Perjuangan Sukabumi,” tegas Ribka.

Sementara itu Kepala Baguna Kabupaten Sukabumi yang baru saja dilantik Sirojudin sekaligus yang juga bakal calon wakil Bupati Sukabumi secara singkat mengatakan, dirinya bersama dengan pengurus lainnya siap mengemban tugas yang diamanahkan kepada dirinya.

“Kami telah siap untuk turun tangan, menghadapinya, apalagi saat ini bencana sosial sedang terjadi, kami berupaya agar bantuan, halnya seperti haru ini ada 1000 sembako kita bagikan dan ini kedepannya menjadi agenda rutin Baguna Kabupaten Sukabumi,” singkatnya. (Dian)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button