Sambut Hari Tani Nasional, SPI Bangun Kampung Reforma Agraria – mbinews.id
JabarRegionalSukabumi

Sambut Hari Tani Nasional, SPI Bangun Kampung Reforma Agraria

SUKABUMI, MBInews.id – Menyambut hari tani nasional tahun 2020 Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Sukabumi bangun Kampung Reforma Agraria, kamis (17/09/20).

Kampung reforma agraria berada di basis perjuangan SPI di Desa Pasirdatar Indah Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, karena kekuatan massa petani sebagai motor penggerak utama adalah dari kampung dalam meredistribusi tanah dan membangun kehidupan secara kolektif.

“Ini wujud dari pelaksanaan reforma agraria sejati yang dilakukan oleh para petani, yang berada di Kabupaten Sukabumi” ungkap ketua SPI Kabupaten Sukabumi Daud Rojak

Selain menjawab persoalan ketimpangan kepemilikan tanah di Indonesia, kampung reforma agraria SPI juga menjadi fondasi penting bagi pelaksanaan kedaulatan pangan di Indonesia.

“Bahwa kedaulatan pangan berada di tangan petani, meskipun sangat minim dukungan pemerintah” kara Rojak.

Tidak hanya itu, pembukaan peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2020, di Desa Pasirdatar Indah dan Sukamulya Kecamatan Caringin dijadikan Kampung Reforma Agraria SPI Sukabumi merupakan gerakan mengkonsolidasikan organisasi tani pasca perjuangan konflik agraria, dalam langkah-langkah perjuangan menuju kedaulatan pangan.

“Secara khusus dapat memastikan dampak positif berjalannya agenda pembaruan agraria bagi kesejahteraan petani, pembangunan pedesaan, dan program kedaulatan pangan” pungkas Rojak.

Sementara itu, Tantan Sutandi Ketua SPI Jabar mengatakan, berdirinya kampung reforma agraria di Pasirdatar merupakan bukti mulai lahirnya kesejahteraan dan makmurnya petani.

“Ini wujud dari perjuangan reforma agraria sejati, bahwa petani mulai merasakan kesejahteraan, bahkan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat kota” pungkasnya. (Dian/MBI)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button