Lemdiklat Polri Bekali Serdiknya Soal Stabilitas Keamanan – mbinews.id
Nasional

Lemdiklat Polri Bekali Serdiknya Soal Stabilitas Keamanan

Bandung, MBInews.id – Lemdiklat Polri bekali peserta didik Sespimma POLRI angkatan 64 TA 2020 dengan mengelar Webinar dengan tema kepemimpinan Polri di masa pandemi covid-19 guna menjaga stabilitas Kamtibmas. Selasa (1/12/20) Kemarin.

Webinar dibuka Oleh Kasespimma Polri Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto didampingi oleh Kakorsis Sespimma Polri Kombes Pol CF Hotman Sirait, dan dihadiri oleh sekitar 500 partisipan dari berbagai kalangan.

Tidak hanya itu, narasumbernya pun sangat berbobot dan berkompeten, diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenkopolhukam Irjen Pol. Dr. Agung Makbul, Kabag Bingadikwa Robindiklat Lemdiklat Polri Doktor Ilmu Kepolisian Kombes Pol. DR. Andry Wibowo, Direktur Surveillans dan karantina kesehatan dr. Prima Yosephine BT Hutapea.

Pembahasan yang disampaikan semua Narasumber pun sangat penting dan sangat bermanfaat bagi bagi peserta didik Sespimma POLRI angkatan 64 tahun anggaran 2020, karena di dalamnya membahas situasi saat ini.

Ada beberapa point penting hasil Webinar kemarin, diantaranya :

  1. Bahwa Covid-19 mendorong Polri menjalankan peran dan fungsi yang bersifat multiple sekaligus sebagaimana dilaksanakan oleh kepolisian di seluruh dunia.
  2. Covid-19 berdampak pada kepemimpinan dan manajemen di seluruh level struktur dan manajerial Kepolisian termasuk penyesuaian ketersediaan dan pengelolaan Sumber Daya Internal dan Eksternal;
  3. Covid-19 mengajarkan tentang pentingnya penguatan kapasitas dan kapabilitas sosial masyarakat (Self Help) khususnya di tingkat komunitas atau unit terkecil.
  4. Polri perlu memperkuat struktur, organisasi dan management serta sumber daya di tingkat Polsek/ Kelurahan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sosial masyarakat (Self help) dalam menghadapi berbagai situasi kedaruratan.
  5. Pencegahan, melakukan gerakan masyarakat hidup sehat dan meningkatkan edukasi kepada masyarakat melalui media tentang Covid-19, Protokol kesehatan, Call center.
  6. Melakukan Deteksi dengan melakukan tracing dan testing, melakukan penjagaan di pintu-pintu masuk wilayahuntuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.
  7. Merespon dengan melakukan pembatasan sosial (karantina rumah, karantina rumah sakit. Sesuai masa inkubasi covid-19), pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan social distancing.

Hal di atas tentunya sangat bermanfaat sebagai bekal utamanya bagi peserta didik Sespimma POLRI angkatan 64 TA 2020. Seperti yang diungkapkan salah seorang peserta Serdik sespimma AKP Khoirudin, SH.

” Apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Polri dengan diadakannya webinar, sudah melibatkan semua unsur dari masyarakat, akademisi, nakes, ulama, mahasiswa, pemuda dan yang lainnya” ungkapnya.

“Semoga ilmu yang telah disampaikan para narasumber bisa bermanfaat untuk seluruh peserta webinar, peserta didik, dan masyarakat pada umumnya. Jayalah Indonesiaku, Jayalah Polriku” harapnya. (Dian/Mbi).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button