RegionalSeni BudayaSukabumi

Boles Dan Ngogotong Lisung Asal Kota Sukabumi Resmi Miliki HAKI


SUKABUMI,Mbinews.id– Olahraga tradisional Bola Lengen Seuneu (Boles/Bola Api) dan Ngagotong Lisung hasil buah karya Pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath Kota SUkabumi, KH. Fajar Laksana, akhirnya resmi memiliki Hak Cipta kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kementrian Hukum dan HAM.”Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, kesenian ikon Kota Sukabumi, Boles dan Ngagotong Lisung telah mendapatkan sertifikat hak cipta dari Kemenkumham,”kata Fajar, Jumat (22/1/2021).

Fajar mengungkapkan, semenjak 1 April 2009 kedua olahraga tradisional tersebut secara bertahap diperkenalkan, seiring waktu berjalan, kedua keseniann tersebut sering tampil mengisi acara di Televisi baik lokal ataupun nasional. Bahkan, Pontren Al-Fath yang berada Perum Gading, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, banyak dikunjungi oleh para tamu di luar daerah Kota Sukabumi, baik itu untuk melihat ataupun belejar cara bermain Boles dan Ngagotong Lisung.

“Selain sering tampil di televisi, kedua olahraga itu sering ditampilkan oleh para santri saya, dalam agenda besar maupun penyambutan para tamu yang berkunjung Pontren,”ungkapnya.

Kesenian Ngagotong Lisung Sata Tampil dalam Dalam Salah Satu Acara

Fajar mengakui untuk mendapatkan HAKi tersebut bukanlah perjuangan yang mudah, banyak berbagai rintangan yang harus dilalui.”Makanya saya bersyukur alhamdulillah, selama 12 tahun akhirnya Boles dan Ngagotong Lisung mendapatkan HAKI,”terang Fajar.

Fajar juga mengungkapkan, prestasi Boles dan Ngagotong Lisung banyak diraih. Diantaranya, Juara 1 Lomba Olahraga Tradisional tingkat Jawa Barat, menjadi 10 Penampil Terbaik di Tingkat Nasional dalam Festival Olahraga Tradisional di Morotai pada 2012. Juara 2 Tingkat Nasional tahun 2016 dalam festival Olahraga Tradisional oleh Kemenpora, dan tampil di Festival Internasional TAFISA yang dihadiri 84 negara di Jakarta pada 2016.

“Selain itu dengan prestasi Juara ke 2 Olahraga Tradisional tingkat Nasional, menjadikan Boles dan Ngagotong Lisung akan tampil mewakili Indonesia pada Festival TAFISA World Sport For All Games di Portugal pada Juni 2021. Untuk itu kami mohon doa dan dukunganya semoga Boles dan Ngagotong Lisung sebagai kesenian ikon Sukabumi bisa tampil mewakili Indonesia di Lisabon Portugal,”pungkasnya.ardan/Mbi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button