Ribuan Vaksin Sinovac, Tiba di Kota Sukabumi – mbinews.id
RegionalSukabumi

Ribuan Vaksin Sinovac, Tiba di Kota Sukabumi

Sukabumi,Mbinews.id– Ribuan Vaksin Covid-19 tahap pertama tiba di Kota Sukabumi. Vaksin Sinovac yang dikirim oleh provinsi Jabar tersebut, datang sekitar Pukul 10.20 WIB, Rabu, (26/1/2021) diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Setempat, dr. Rita Fitrianingsih, disaksikan oleh Walikota SUkabumi Achmad Fahmi, bersama Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni. Dihalaman Dinkes Kota Sukabumi.
Fahmi menjelaskan, vaksin Sinovac yang datang untuk tahap pertama ini adalah 6 ribu vial yang diperuntukkan bagi 3 ribu orang. Sebelumnya kata Fahmi, Pemkot Sukabumi mengajukan sebanyak 4.126 vaksin, itu juga untuk tenaga kesehatan (nakes), dan tenaga pendukung lainnya.”Karena kedatangan vaksin baru bisa digunakan untuk 3 ribu orang, maka prioritas yang akan mendapatkan vaksin adalah nakes yang berjumlah 2.550 orang ditambah 10 orang yang ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk mendapat vaksin pada tahap pertama ini,”ujar Fahmi.
Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih, mengungkapkan, vaksinasi akan dilakukan di 24 fasilitas layanan kesehatan, yakni 6 rumah sakit, 15 puskesmas dan 3 klinik yang telah ditetapkan.”Dalam satu minggu akan dilaksanakan 3 kali vaksinasi, yakni hari Selasa, Kamis dan Sabtu, dengan maksimal pelayanan 2 sesi per hari, satu sesi hanya dapat melayani maksimal 20 orang. Jadi, dalam satu hari hanya melayani maksimal 40 orang,”ujarnya.
Untuk tenga pendukung (Vaksinator) sendiri kata Rita, sudah dilatih oleh pemerintah pusat dan Provinis Jabar, sehingga siap untuk melaksanakan tahapan vaksinasi.”Bahkan, untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), kami juga telah menyiapkan tim KIPI untuk memantau orang yang telah divaksin paling tidak 30 menit setelah vaksinasi,”pungkasnya.ardan/mbi

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button