Ekonomi

Jawab Ekonomi, Tokoh Pemuda Sukabumi Buat Perekat Bata

SUKABUMI, MBInews.id – Salah seorang Tokoh Pemuda di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat bernama Habib Abdul Azis berhasil menjawab tantangan ekonomi masyarakat dalam situasi pandemi covid 19.

Akibat pandemi covid, banyak masyarakat yang kena PHK dari tempat kerjanya. Namun Habib Azis mampu memberikan pekerjaan kepada warga sekitar untuk bekerja upaya mempertahankan ekonominya sehari-hari.

Habib Azis berhasil menciptakan dan membuat produknya Sukabumi Mortal, Sukabumi Mortar merupakan usaha rumahan / home industri pembuat perekat (Lem) bata yang dianggap bisa bersaing dengan produk-produk besar lainnya.

“Kita membuat wadah untuk masyarakat dan pemuda, supaya mereka mengembangkan ekonomi melalui pembuatan Lem Bata yang mirip dan persis seperti pabrik besar walaupun kita masih dalam kondisi home industri yang berlokasi di Kampung Gunungbatu, Kebonpedes Kabupaten Sukabumi,” ucapnya saat ditemui, Selasa (26/01/21) kemarin.

Lanjutnya, “Sukabumi Mortar (SM) sudah berjalan selama 6 bulan, bahkan sudah tersubsidi kebeberapa toko material yang ada di Sukabumi,” katanya
Sukabumi

Menurut Habib Azis, Kondisi saat ini pemuda memang perlu untuk di didik bukan dari sisi keagamaan tetapi harus di didik ekonominya sehingga untuk kedepannya dan selanjutnya bisa mereka bisa sukses.

“Hari ini ada 9 orang yang sudah berjalan membuat Mortal, karena masih berupa Industri rumah. Meskipun masih kecil, menggunakan alat manual dan mengandalkan cahaya alam kita mampu membuat dalam sehari 30 sak Mortal,” tuturnya.

Dirinya berharap kedepannya, bisa berkembang seperti pabrik besar. Meskipun secara bertahap, karena secara kualitas mampu bersaing.

“Khusunya pemerintah bisa melihat dan meninjau UMKM yang sedang kami jalankan, mudah-mudahan kedepannya bisa mengembangkan masyarakat sekitar,” harapnya. (Dian/Ardan/Mbi).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button