Regional

8 Fraksi Desak Sekwan Mundur Dari Jabatannya

SUKABUMI, MBInews.id – Delapan Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi mengusulkan Sekretaris Dewan Asep L Sukmana mundur dari jabatannya.

Tidak hanya itu, Fraksi PDI-P, Nasdem, PAN, PKS, Demokrat, Persatuan Rakyat, Gerindra dan Fraksi Golkar, masing-masing mebubuhi tanda tangan usulan tersebut, yang kemudian disampiakn ke Pimpinan DPRD Kota Sukabumi.

“Betul, hari ini kita sudah melayangkan surat tentang usulan pergantian jabatan Sekwan ke Pimpinan kita,”ujar Ketua Fraksi PAN Faisal Anwar Bagindo, Rabu, (17/02/21).

Faisal menyebut, usulan pergantian tersebut, salah satunya mengani faktor kesehatannya yang sudah menurun, sehingga mengganggu kinerjanya.

“Pak Asep saat ini sering sakit, apalagi tugas Pak Asep itu berat. Sebab, tugas sekwan itu merupakan unsur pelayanan terhadap kinerja DPRD yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan administrasi kesekretariatan DPRD,”tuturnya.

Selain faktor kesehatan lanjut Faisal, pihaknya juga ingin adanya penyegaran di sekretariat DPRD. Apalagi, jabatan sekwan sudah cukup lama dipegangnya.

“Pak Asep itu menjabat sebagi sekwan sudah terlalu lama, kita disini ingin adanya penyegaran,”ungkapnya.

Mengenai jabatan siapa penggantinya, Faisal menyerahkan semuanya ke Walikota.

“Meskipun sementara harus dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). Yang jelas desakan ini harus segera di akomodir,”tutupnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Fraksi Demokrat Henry Slamet, menurutnya, masalah kesehatan faktor utama yang membuat semua Fraksi di sini mengusulkan ada pergantian.

“Masa orang yang sakit harus tetap kita kerjakan, kasian dong. Disini kita lihat dari sisi kemanusianya, jadi apa salah kalau kita mengusulkan adanya pergantian untuk jabatan sekwan,”singkatnya.

Sedangkan ketua Frkasi dari Partai Nasdem, Mulyono menjelaskan, DPRD itu merupakan lembaga politis, dan kebijkaanya juga politis. Nah itu yang membedakan Sekretariat DPRD dengan SKPD lainya. Adanya ususlan pergantian jabatan sekwan itu , bukan atas dasar dari emosional, melainkan berpikir secara realistis.

“Realistis yang dimaksud itu kan, maslah kesehtan seperti yang diungkapakn oleh teman-teman saya tadi. Jadi jangan dianggap emosional, melainkan realistis,”tandas Mulyono.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman membenarkan, jika surat usulan dari 8 Fraksi tersebut, sudah diterima hari ini (kemarin). Bahkan menurut Kamal, surat itu akan disampaikan besok (hari ini).

“Surat usulan pergantian jabatan sekwan dari 8 fraksi sudah saya terima tadi. Dan rencananya, besok bersama unsur pimpinan akan menyerahkan ke Walikota Sukabumi,”pungkasnya. (Dian/Ardan/Mbi).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button