EkonomiRegionalSukabumi

DKP3 Kota Sukabumi “Jamin” Kebutuhan Pangan Di Kota Sukabumi Aman

SUKABUMI,Mbinews.id– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, mengklaim , jika kebutuhan pangan di tahun 2021 tergolong aman.”Kota Sukabumi tergolong sangat aman untuk memenuhi pangan, terutama beras,”ujar Kepala DKP3 Kota Sukabumi Andri setiawan. Jumat, (5/3/2021).

Apalagi saat ini lanjut Andri, didukung dengan datangnya musim tanam, sehingga dengan begitu sudah terlihat di tiga bulan mendatang akan membuahkan hasil (panen).”Di bulan Februari kemarin, para petani melakukan tanam padi, dan kita tunggu tiga bulan kedepannya,”ujarnya.

Selain itu tambah Andri, untuk tetap menjaga kualitas padi, pihaknya terus melakukan pembinaan. Salah satunya dengan melakukan gerakan pengendalian serangan Organisme Penggangu Tumbuhan (OPT).”OPT itu agar hasil panennya bagus, termasuk kualitasnya, sehingga kebutuhan akan padi ataupun beras tetap terjaga dengan baik,”ungkapnya.

Di Kota Sukabumi sendiri sambung Andri, berdasarkan data yang dimiliki, dengan jumlah penduduk Kota Sukabumi di tahun 2020 sebanyak 351.459 jiwa, maka kebutuhan beras per tahun mencapai 38.484,76 ton, untuk kebutuhan per hari mencapai 105,44 ton.

“Kebutuhan beras tersebut membutuhkan panen padi seluas kira-kira 25,78 hektare. Dengan Indeks Pertanaman (IP) padi 2,5 , maka kemampuan lahan sawah untuk memenuhi konsumsi beras per tahun hanya sekitar 134,6 hari atau 36,87 persen,”pungkas Andri.ardan/mbi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button