Radio Sonata Milik Pemerintah Kota Bandung Dari AM Menjadi FM – mbinews.id
Bandung RayaJabarPemerintahan

Radio Sonata Milik Pemerintah Kota Bandung Dari AM Menjadi FM

BANDUNG, MBINews.id – Radio Sonata  merupakan   milik Pemerinrtah Kota Bandung,yang menginformasikan  tentang Program dan Kegiatan  mengenai  Pembangunan, infrastruktur,Sosial   Budaya  dan  Ekonomi  .yang merupakan konsumsi masyarakat    Kota Bandung dan masyarakat di luar Kota Banndung Umumnya, sesuai dengan  perkembangan  Pembangunan. Untuk menyebarkan  informasi  yang lebih luas sehingga perlu ditingkatkan ,   gelombang   dari  AM  menjadi   FM. Hal ini  diharapkan meningkatkan   peran  Radio Sonata  sabaai i lembaga penyiaran public, sehingga   keberadaannya  sangat dirasakan oleh masyarakat, juga   eksis ditengah masarakat. Anggota Pansus ( Panitia  Khusus) DPRD Kota Bandung Rieke  Suryaningsih SH mengatakan kemarin  di Bandung.           

Di  era percepatan  dan perubahan jamn  serta perkembangan teknologi  yang semakin canggih Radiop Sonata  ,   dituntut memnafaatkan   secara maksimal ,untuk memperkuat  Program program  Radio Sonata,sehingga lebih berkembang  dan eksis ,dalam mengiunformasikan  kepada masyarakat  serta lebih dipahami setiap program Pemerintah Kota Bandung,dengan menggunakan  kamajuan  teknologi.

 Lebih jauh Rieke Suryaningsih SH mengungkapkan  ,Radio Sonata  walaupun milik Pemerintah Kota bandung tapi dalam program Penyiaran ,sipatnya independen  netral dan komersial,dan fungsinya memberikan pelayanan social  untuk kepenetingan masyarakat,sesuai dengan perkembngan teknologi dan memeuaskan pendengarnya  secara optimal,yang bertujuan memberdayakan  masyarakat sehingga bisa berkreatif disamping bisa merubah prilaku masyarakat kearah yang positif.

 Peran lembaga penyiaran   sangat strategis  dalam menginformasikan  kebijakan    kebijakan Pemerintah Kota Bandung,atau  Pemerintah  Provinsi Jawa Barat  juga  Pamarentah  Pusat,sehingga    RSPD ( Radio Siaran Pemerintah Daerah)  Sonata  lebih optimal melaui Perubahan  dari Gelombang AM menjadi FM. 

Kepala UPT Radio Sonta  R.hana Ganrina SS.M.Ikom  ditempat terpisah mengatakan , Radio Sonata sabagi radio Pemerintah Kota Bandung,dibawah  Dinas  Kominfo ( Komunikasi dan Informatika  ) Kota Bandung,selalu  menginformasi  yang  up to date,  dari Program  Pemerintah   yang sumbernya dari  setiap   OPD (Organisasi perangkat Daerah )  untuk  masarakat mengenai program pembangunan  infrastruktur,  Sosial .Budaya dan  ekonomi  . Disam[ping itu juga  menyampaikan aspirasi masyarakat. Dalam pelaksanaan   langsung  ngahadirkan nara sumber  yang berkompeten, dan  hasil   dari  media online. Pada massa pandemi  covid 19 , Radio sonata memiliki program khusus dalam menginformasikan  cara penanganan nya dan pencegahan corona hal  ini merupakan hasil kerja sama dengan  Dinas Kesehatan Kota Bandung,diantarnya  mengenai  Protokol Kasehatan 3M,( mencuci tangan dengan sabun,memakai masker  dan Manjaga jarak), tentang  pentingnya  vaksinasi Covid 19.

Lebih lanjut dikatakan  ,Radio Sonata  sabagai  layanan Informasi milik Pemerintah  Kota Bandung  ikut serta  dalam meliput langsung  beberapa kagiatan pemerintah Kota Bandung  seperti acara work shop,jumpa Pers, kegiatan lainnya  seperti  kagiatan Musrembang  serta kegiatan lainnya  yang merip[akan program Pemerintah Kota Bandung hal untuk di informasikan kepada  masarakat .

Radio sonata  memiliki   multi segmen menyeluruh,  seperti  generasi muda ,dewas  dan para  orang tua,  sehingga program nya  bervariasi, juga melalui acara tolkshow  dengan  forum  komunikasi anak Kota Bandung yang diadakan pada hari  minggu,program sonata ceria,musik lagu pop an program bincang  santai dengan para generasi muda  dalam acara Bandung  Juara,Bincang aspirasi  yang  informatip,edukatip dan komprehensih,  disamping itu  acara tolk show   disetiap Kecamatan  serta OPD dengan  acara  Program  budaya .

Dalam meningkatkan  kualitas  penyiaran  Radio Sonata  mengundang  nara sumber  baik dari Pamarentah ,komunitas,tokoh masarakat, dalam menginformasikan  program program  Pemerintah   yang bermamfaat  secara signifikan.Radio Sonata juga  bergabung   dalam  jajaring lembaga penyiaran public lokalnya se  Indonesia,   yang merupakan   Radio atau  televise milik  Pemerintah Kota maupun Kabupaten  yang ada  di Indonesia, sehingga  saling  tukan  informasi yaitu melalui   Program suara  Nusantara Indonesia Live, hal  ini untuk menambah wawasan  serta  meningkatkan   kualitas penyiaran, juga  melalui siaran bersama sosialisasi dari  Kementrian Kominfo   dan mengikuti pelatihan yang di selenggarakan  oleh  KPID. Jawa Barat n

Rep: Cucu

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button