Lawan Covid-19, Oded Minta Generasi Muda Teladani Perjuangan Para Veteran – mbinews.id
Bandung RayaJabarPemerintahan

Lawan Covid-19, Oded Minta Generasi Muda Teladani Perjuangan Para Veteran

BANDUNG, Mbinews.id – Di masa pandemi Covid-19 ini, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meminta generasi muda Kota Bandung meneladani perjuangan para veteran yang sangat heroik di masa lampau.

Ketika itu, para pejuang yang kini telah menjadi Veteran, berjuang demi bangsa dan negara melawan penjajah.

Spirit itu juga yang harus ditiru generasi muda untuk bersama-sama menghadapi Covid-19.

“Mudah-mudahan ini dijadikan sebagai contoh keteladanan, oleh anak muda hari ini. Kalau dulu melawan penjajah dengan menggunakan senjata sederhana, bambu runcing melawan yang dengan senjata lengkap,” ucapnya.

“Hari ini kita menghadapi musuh, Covid-19 yang tidak nampak. Kita jadikan inspirasi dari para veteran menghadapi Covid-19 itu,” imbuhnya.

Oded mengungkapkan hal itu usai menghadiri Upacara Peringatan ke-72 Hari Veteran Nasional tingkat Kota Bandung di Kantor Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu 25 Agustus 2021.

Perlu diketahui, Hari Veteran Nasional ke-72 diperingati pada 10 Agustus setiap tahunnya. Namun karena tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 diundur menjadi 25 Agustus 2021, pada hari peringatan hanya dilakukan secara daring.

Oded mengaku sengaja hadir setiap tahunnya karena dapat menumbuhkan spirit perjuangan.

“Saya selalu hadir di sini setiap tahun, karena bukan tanpa alasan. Setiap datang, saya melihat energi para Veteran masih luar biasa. Walau pun mereka sudah lebih dari 70 tahun,” katanya.

“Kadang Mang Oded merasa ada tumbuh spirit yang sangat luar biasa dari para Veteran ini. Ini yang perlu selalu kita contoh,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPC LVRI Kota Bandung, Patmo mengatakan sebelum adanya pandemi Covid-19, LVRI Kota Bandung rutin mengadakan peringatan di Balai Kota Bandung.

“Karena keadaan seperti ini (pandemi Covid-19), tadi yang upacara hanya sedikit. Tanggal 10 Agustus 2021 kemarin kita mengadakan secara daring,” katanya.

Patmo mengaku, para Veteran akan tetap membantu pemerintah untuk memberantas Covid-19.

“Memberantas bukan seperti dulu bertempur, melawan musuh. Tapi sekarang turut menginformasikan kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Menurutnya, Covid-19 ini memang tidak dapat dilihat. Tetapi Ia pun pernah terpapar dan merasakan sakit akibat Covid-19.

Baca juga :   Awas! Petugas Polsek Cikole Rutin Patroli Pada Masa PPKM

“Yang masih bilang Covid-19 itu bohong, ini betul-betul ada tapi tidak kelihatan. Tahun ini ada 34 anggota yang meninggal. Sebagian kena covid-19 dan usia,” ungkapnya.

Saat ini, dari sekitar 900 anggota, sekitar 50 persen sudah divaksin. Sisanya tidak bisa divaksin karena ada yang punya penyakit bawaan.

Pada kesempatan tersebut, Patmo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung yang selalu mendukung berbagai program LVRI Kota Bandung.

“Saya berterima kasih kepada Pak Wali Kota, bahkan bangunan kantor (LVRI Kota Bandung) ini akan direnovasi juga, atap, genteng, plafonnya diganti. Tadi pun ada simbolis penyerahan kendaraan operasional,” ucapnya. (agg-pipi)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button