Pemkot Sukabumi Bersama Lapas Nyomplong Gelar Swab PCR Gratis – mbinews.id
JabarPemerintahanRegionalSukabumi

Pemkot Sukabumi Bersama Lapas Nyomplong Gelar Swab PCR Gratis

SUKABUMI, Mbinews.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Sukabumi, bersama Pemerintah Kota Sukabumi menagadakan tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis. Kegiatan tersebut dilakukan masih dalam rangkaian memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tahun 2021. Dalam kegiatan yang berlangsung didalam Lapas Kelas II-B Sukabumi tersebut, sebanyak 250 paket swab PCR disediakan.

“Hari ini,kami bersama Pemerintah Kota Sukabumi, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Sukabumi, mengadakan uji swab PCR gratis bagi warga binaan pemasyarakatan (wbp), petugas lapas dan masyarakat umum,” ujar Kalapas Kelas II-B Sukabumi Christo Victor Nixon Toar keapada awak media, Rabu (27/10/2021).

Kalapas Kelas II-B Sukabumi Christo Victor Nixon Toar mengikuti uji Swab PCR gratis di lingkungan Lapas Kelas II-B Sukabumi. Rabu (27/10/2021).

Lanjutnya, Kegiatan yang dilakukan kali ini, merupakan salah satu upaya pihak Lapas Kelas II-B Sukabumi, bersama Pemerintah Kota Sukabumi, dalam mencegah penyebaran Covid-19 pada lingkungan Lapas KElas II-B Sukabumi.

“Untuk uji swab PCR yang dilakukan hari ini, sebanyak 200 paket diperuntukkan bagi wbp Lapas Kelas II-B Sukabumi beserta petugas. Sedangkan 50 paket lagi, untuk masyarakat umum yang ingin melakukan tes PCR” terangnya.

Masih menurut Christo, berdasarkan situasi kondisi di dalam Lapas Kelas II-B Sukabumi saat ini yang memang sudah over kapasitas, pihaknya memang mengkhawatirkan adanya kemungkinan penyebaran Covid-19 di dalam lapas. Terlebih lagi, untuk menerapkan jaga jarak di dalam lapas agak sulit, dikarenakan kondisi over kapasitas yang terjadi saat ini.

“Kita memang khawatir akan penyebaran Covid-19 di dalam lapas, akibat sulit dilakukannya social distancing. Namun, pihak kami terus berupaya penuh, untuk tetap menerapka protokol kesehtan yang ada, dari mulai awal pintu masuk, diwajibkan menggunakan masker saat berada di dalam lingkungan lapas, hingga disediakannya spot untuk mencuci tangan, maupun cairan hand sanitizer yang kami sediakan di berbagai penjuru Lapas Kelas II-B Sukabumi,” ungkapnya.

Hingga saat ini, tak kurang dari 90 persen wbp Lapas Kelas II-B Sukabumi sudah melakukan vaksin dosis ke-1 dan ke-2. Serta, kunjungan langsung bagi kerabat wbp, hingga saat ini juga masih ditiadakan. Hal tersebut untuk meminimalisir, kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 di dalam lingkungan Lapas Kelas II-B SUkabumi.

Baca juga :   Walikota Bandung Resmikan Kebun Sauyunan, Mang Oded : Bangun Ketahanan Pangan Lewat urbanfarming Terintegrasi

“Termasuk kegiatan PCR hari ini, dan juga kegiatan pencegahan penularan Covid-19 lainnya, terus kami lakukan, untuk mencegah penularan Covid-19 di dalam Lapas Kelas II-B Sukabumi,” pungkasnya. Ardan/Wan/Mbi

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button