Peringati HAS 2021, Pemkot Sukabumi Gelar VCT dan Donor Darah – mbinews.id
JabarPemerintahanRegionalSukabumi

Peringati HAS 2021, Pemkot Sukabumi Gelar VCT dan Donor Darah

SUKABUMI, Mbinews.id – Peringati Hari AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) Sedunia (HAS), Pemerintah Kota Sukabumi lakukan tes HIV (Human Immunodeficiency Virus) atau Voluntary Counseling and Testing (VCT), dan donor darah, Rabu (1/12/2021).

Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, menghadiri langsung acara yang di gelar di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi tersebut. Dalam sambutannya andri mengatakan, Kota Sukabumi ini, merupakan salah satu daerah yang rawan akan penyebaran HIV/AIDS, oleh sebab itu, diperlukan peran dari berbagai elemen untuk, menekan angka penyebaran virus tersebut.

“Karena masuk dalam daerah rawan penyebaran, makanya diperlukan peran semua lini,” tutur Andri.

Lanjutnya, berdasarkan data yang dihimpun saat ini, memang benar bahwa angka kasus baru HIV/AIDS di Kota Sukabumi saat ini, sejak Januari hingga Oktiber 2021 mengalami penurunan, namun tidak serta merta membuat kita lengah dalam hal pengawasan, khususnya bagi generasi muda agar tidak terjerumus kedalam hal, yang bisa menularkan HIV/AIDS.

“Pengawasan dalam pola hidup sehari-hari, itu merupakan hal terpenting bagi orang tua untuk mencegah anaknya kepada pergaulan bebas, yang bisa menjadi salah satu penularan HIV/AIDS,” ungkapnya.

Masih menurut Andri, pada peringatan HAS saat ini, Pemerintah Kota Sukabumi didukung oleh Konfederasi Serikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) Kota Sukabumi, Internasional Labour Organization (ILO), Komisi Pengnaggulangan AIDS (KPA), dan Dinas Kesehatan kota Sukabumi.

“Momen ini untuk memperkuat upaya penyebaran penyebaran HIV/AIDS. Khususnya dalam mewujudkan zero case HIV pada 2030 mendatang,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit Pengendalian (P2P) PAda Dinkes Kota Suakbumi, Lulis Delawati mengatakan, tujuan peringatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan pencegahan penyebaran HIV.

“Tren penambahan kasus di Kota Sukabumi memang menurun. Dan untuk PDP di Kota Sukabumi sendiri, kita ada di empat lokasi. Yakni RS. R Syamsudin (bunut), RS. As Syfa, RS Al Mulk, dan RS Secapa,” tandasnya. Ardan/Wan/Mbi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button