Kepengurusan PWI dan IKWI Kota Sukabumi Periode 2021-2024 Resmi Dilantik – mbinews.id
JabarPemerintahanRegionalSukabumi

Kepengurusan PWI dan IKWI Kota Sukabumi Periode 2021-2024 Resmi Dilantik

SUKABUMI, Mbinews.id – Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi periode 2021-2024 resmi dilantik. Ketua PWI Provinsi Jawa Barat (Jabar) Hilman Hidayat, melantik langsung Ketua PWI Kota Sukabumi Mohamad Satiri, Sabtu (4/12/2021).

Dalam sambutannya, Ketua PWI Jabar mengatakan bahwa anggota PWI harus berbeda dengan wartawan pada umumnya. Wartawan PWI harus berani menguak fakta sebenarnya dalam memberikan informasi kepada publik. Karena dalam kondisi kekacauan informasi yang berada pada media sosial saat ini, wartawan harus hadir sebagai pencerdas dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Jangan hanya manut ke penguasa, kepada pengusaha atau manut dengan sebuah komitmen. Wartawan PWI harus beda dengan jurnalis lainnya, jangan semua yang dikatakan narasumber langsung ditulis, tanpa dilakukan analisis mendalam, tanpa melakkan pembandingan terhadap para ahli di bidangnya. Kalau hanya jadi beo, tidak ada bedanya kita dengan konten kreator,” tutur Hilman pada pidato sambutannya.

Susunan Kepungurusan PWI Kota Sukabumi periode 2021-2024. Sabtu (4/12/2021).

Lanjutnya, saat ini industri pers sudah menjadi sebuah industri kapitalis, apalagi dalam era digital saat ini kita bersaing dengan para penggiat media sosial. Mereka sebagai konten kreator tidak perlu mengikuti kode etik jurnalis, namun kita lihat apa yang mereka hasilkan dari karya mereka, ternyata bisa banyak pembaca maupun penontonnya.

“Anda kalau bikin berita harus menarik, jangan sampai berita yang anda buat itu hanya dibaca oleh anda, redaktur dan teman anda. Belajarlah menulis berita yang benar, viral itu bukan akibat berita yang dipelintirkan, namun memang akibat jelasnya informasi yang diberikan berdasarkan fakta dan analisis yang mendalam,” paparnya.

Bantuan secara simbolis kepada anak yatim. Sabtu (4/12/2021).

Sebelum mengakhiri sambutannya, Hilman juga menitipkan kepada Ketua dan Pengurus PWI Kota Sukabumi yang baru dilantik, untuk bisa mengemban amanah baru ini selama masa periode hingga 2024 mendatang.

“Saya titip kepada Ketua PWI Kota Sukabumi, untuk bisa melakukan pembinaan kepada wartawan PWI Kota Sukabumi, agar bisa tetap kritis dalam memberikan berita. Kita memang mitra pemerintah daerah, namun tetap harus professional,” pungkasnya.

Baca juga :   Jajal Tol Cisumdawu, Ineu : InsyaAllah Segera Beroperasi Menyeluruh.

Sementara itu, menyambut baik pesan yang diberikan Ketua PWI Provinsi Jabar, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami membenarkan bahwa sebagai bentuk kemitraan antara pemerintah daerah dengan wartawan PWI, bukan berupa harus membuat berita baik saja. Karena pada pemerintah juga memerlukan sebuah kritik, untuk menjadi bahan evaluasi dalam melakukan pembangunan di daerah.

“Jadi jangan karena bermitra, berita yang bagus terus. Karena yang buruk itu kan juga bisa membangun. Pemerintah butuh banyak dukungan untuk membangun daerah, khususnya Kota Sukabumi,” ucapnya.

Masih menurut Wakil Wali Kota Andri, dirinya juga mengapresiasi atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Pemerintah Kota Sukabumi denagn para pewarta, khususnya yang tergabung dalam PWI Kota Sukabumi.

Foto Bersama Ketua IKWI dan PWI Provinsi Jawa Barat, Wakil Wali Kota Sukabumi, Skretaris Daerah Kota Sukabumi, bersama Kepengurusan IKWI Kota Sukabumi periode 2021-2024. Sabtu (4/12/2021).

“Selamat untuk Ketua dan Pengurus PWI Kota Sukabumi periode 2021-2024 yang baru dilantik. Tetap semangat dan selalu amanah dalam mengemban tugasnya,” tandasnya.

Ketua PWI Kota Sukabumi periode 2021-2024 Mohamad Satiri mengatakan, bahwa dukungan pemerintah daerah harus terus terjalin. Dan juga diharapkan dukungan serta bimbingan dari para pendahulu di PWI Kota Sukabumi, agar organisasi profesi ini bisa terus menjadi sebuah corong informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan warga Kota Sukabumi khususnya.

“Kebetulan saat ini, di PWI Kota Sukabumi sudah banyak diisi oleh jurnalis muda, yang diharapkan bisa lebih semangat berjuang dalam memberikan informasi yang faktual dan terpercaya. Oleh sebab itu, dukungan para senior sangat diharapkan untuk bersama memajukan organisasi profesi jurnalis ini,” pungkasnya.

Pada prosesi pelantikan tersebut, selain melantik Ketua dan Pengurus PWI Kota Sukabumi periode 2021-2024, juga dilakukan pelantikan Ketua dan Pengurus IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Kota Sukabumi periode 2021-2024. Fajriyanti dilantik sebagai ketua IKWI Kota Sukabumi periode 2021-2024, oleh ketua IKWI Jabar Jiean Ajiyanpi Novalia.

Baca juga :   DPMPTSP Minta Pengusaha Melapor Kegiatan Investasinya Dengan Tepat

Dalam acara yang berlangsung tersebut, juga dilakukan kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan, untuk 50 orang anak yatim. Secara simbolis, perwakilan dari anak yatim, menerima langsung santunan berupa donasi dan paket sembako, yang berasal dari sponsor seperti Pemerintah Kota Sukabumi, DPRD Kota Sukabumi, BPKD Sukabumi, Bank BJB Cabang Sukabumi, Rumah Aspirasi Heri Gunawan, Anggota DPR RI Dewi Asmara, WOM Finance Cabang Sukabumi, PT. SCG, BULOG dan PT Pertamina. Wan/Ardan/Mbi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button