banner 728x250

Himpunan Mahasiswa Sipil USB YPKP Bandung Gelar Webinar Nasional Teknik Sipil 2022

banner 120x600
banner 468x60

BANDUNG, MBInews.id – Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung menggelar webinar nasional Teknik Sipil 2022 yang dilaksanakan secara hybrid, offline dan daring melalui zoom meeting, Sabtu, 26 Februari 2022.

Webinar yang mengangkat tema “Jalan Jembatan di Indonesia” ini diikuti oleh sekitar 400 orang peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Universitas Bung Hatta serta dari dosen tetap USB YPKP.

banner 325x300

“Webinar nasional Jalan dan Jembatan di Indonesia ini bertujuan untuk menambah wawasan serta mendisiplinkan ilmu Teknik Sipil di bidang jalan dan jembatan, bekerja sama dengan PUPR dan Universitas Bung Hatta sebagai narasumber serta dosen tetap dari USB YPKP,” kata penanggung jawab kegiatan, yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil USB YPKP Bandung, Samsudin Arifin, didampingi Ketua Pelaksana, Andika Prastio.

Samsudin menambahkan, sasaran kegiatan ini bisa memberikan wawasan kepada masyarakat dan mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian dalam pemeliharaan jalan dan bisa mengetahui terkait jembatan, serta RAB dan struktur.

Sementara pemateri dari PUPR, Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, ST., MT.,D Min., IAI., pada kesempatan tersebut memaparkan tentang manajemen konstruksi jalan dan jembatan sumber pembiayaan infrastruktur jalan dan jembatan di Indonesia berserta rencana jangka panjang.

Sedangkan pemateri kedua, Guru Besar Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, MSc., IPM., CSE., mengangkat materi pembangunan jalan dan jembatan berbasis lingkungan dan dampak pada kemasyarakatan. Dari paparan yang disampaikannya ini, tampak mengundang antusias peserta yang mengajukan pertanyaan.

Dan pemateri ketiga dalam webinar tersebut, Muhammad Syukri, ST., MT., selaku dosen tetap USB YPKP Bandung, memberikan materi yang sangat menarik, yaitu penerapan IRMS (Intarurbam Road Management System) dan BMS (Bridge Management System) pada jalan dan jembatan.

Materi ini juga mengundang interaktif peserta dan menambah ilmu baru bagi para peserta yang tertarik di bidang ini.

Kegiatan webinar ini diakhiri dengan penyerahan plakat kepada pemateri serta sertifikat secara simbolis serta pembagian doorprize kepada peserta yang aktif.

“Webinar yang dilaksanakan ini, merupakan kali kedua yang telah kami (Himpunan Mahasiswa Sipil USB YPKP) laksanakan. Sebelumnya lingkup regional Jawa Barat,” pungkas Samsudin.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.