banner 728x250
Kronik  

7 Cara Mudah Tidak Boros Kuota Internet

https://pixabay.com/id/photos/telepon-menampilkan-aplikasi-layar-292994/
banner 120x600
banner 468x60

BAGAIMANA ya, cara mudah tidak boros kuota internet di zaman yang serba online seperti sekarang? Semua pasti paham, siapa yang tidak menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan? Mulai sekadar alat komunikasi, hiburan, hingga keperluan pekerjaan. Kebutuhan kuota internet pun berpindah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang.

Bahkan, tidak sedikit keluarga yang memutuskan untuk memasang WIFI agar penggunaan kuota lebih hemat. Apalagi beberapa waktu lalu, segala kegiatan dilakukan secara daring, mulai sekolah hingga pekerjaan. Namun, kadang kita tidak bisa membatasi penggunaan internet di rumah, hingga pengeluaran untuk membeli kuota pun membengkak. Tagihan bulanan WIFI meningkat. Kaget karena kuota internet cepat habis?

banner 325x300

Cara Menghemat Kuota Internet agar Tidak Boros

Sebenarnya ada beberapa cara mudah tidak boros kuota internet. Mulai dari mematikan penggunaan data, membatasi waktu berselancar di dunia maya, dan lain sebagainya. Namun, pada kenyataannya, kuota internet tetap saja boros.

Anda mungkin heran, kenapa kuota boros padahal pemakaian sedikit? Ada beberapa hal yang mungkin tidak menjadi perhatian Anda. Ada aplikasi yang ternyata, walau Anda sudah merasa mematikannya, ternyata masih aktif menyedot pulsa. Langkah yang Anda lakukan mungkin mematikan data ketika sedang tidak aktif. Untuk menghemat kuota internet terutama di Android, Anda tidak harus mematikan data setiap saat.

Ada beberapa cara mudah tidak boros kuota internet yang bisa dilakukan tanpa mengorbankan kebutuhan Anda dan keluarga. Ingin tahu lebih jauh? Yuk, simak pembahasan  berikut ini!

1. Pasang Notifikasi Peringatan Penggunaan Data Bulanan

Satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat kuota internet adalah dengan mengaktifkan notifikasi peringatan penggunaan data. Jika penggunaan internet sudah hampir mencapai batas, Anda akan menerima notifikasi sehingga bisa melakukan pengurangan aktivitas berselancar di dunia maya.

2. Lakukan Update Aplikasi Hanya Waktu Menggunakan WIFI

Sering menemukan notifikasi aplikasi yang perlu di-update? Anda pasti langsung melakukan pembaruan saat itu juga. Hal ini akan menyedot kuota dan menghabiskannya. Anda bisa mengantisipasinya dengan mengatur update hanya Ketika sedang terhubung dengan jaringan WIFI saja. Jadi, Anda bisa menghemat penggunaan kuota internet.

3. Matikan Opsi Unduh Otomatis

Sebagian pengguna WhatsApps memilih mengaktifkan fitur auto download atau unduh otomatis setiap media yang diterima, baik foto, video, atau dokumen. Ternyata, hal ini menyerap kuota tanpa Anda sadari. Nah, cara menghemat kuota di WhatsApp adalah dengan menonaktifkan fitur ini. Jadi, Anda bisa memilah media mana yang mau Anda unduh dan simpan, mana yang tidak. Dengan demikian, Anda bisa melakukan penghematan kuota internet.

4. Gunakan Chrome Data Compression

Google Chrome merupakan salah satu browser populer yang akrab digunakan oleh para pengguna android. Ternyata, Chrome mempunyai trik tersendiri untuk menghemat kuota. Ketika Anda mengaktifkan fitur penghematan data, semua aktivitas yang dilakukan di Google Chrome akan menjadi lebih hemat dari mode normal. Data yang tampak di layar smartphone akan secara otomatis diperkecil dan dioptimasi oleh Google Chrome. Berikut ini adalah cara menghemat kuota di Google Chrome:

  • Buka browser Google Chrome
  • Klik tanda¬† titik tiga di kanan atas browser
  • Klik Settings
  • Klik Data Saver
  • Klik Data Saver On

Kuota Anda akan lebih hemat dari sebelumnya.

5. Kurangi Aktivitas Streaming

Menonton film atau acara melalui streaming akan memakan banyak kuota internet. Nah, untuk menghemat kuota internet Anda, yang harus dilakukan adalah mengurangi aktivitas streaming ini.

6. Batasi Scrolling Instagram

Ternyata, ada beberapa aplikasi yang memakan lebih banyak kuota internet dibanding aplikasi lain. Contohnya, kuota Anda akan lebih banyak terserap ketika sedang scrolling Instagram jika dibandingkan dengan Twitter. Maka, jangan heran jika kuota Anda cepat habis jika sering berselancar menikmati Instagram. Anda bisa membatasi kegiatan ini, misalnya cukup satu jam saja dalam sehari untuk menghemat penggunaan kuota internet. Anda tetap bisa menikmati kegiatan lain, bukan?

7. Batasi Background data Aplikasi

Tanpa kita sadari, aplikasi yang tidak ditutup dengan sempurna, akan menyedot kuota internet Anda. Biasanya, Anda akan terburu-buru menutup aplikasi dengan menekan tombol Home pada layer ponsel. Ternyata, hal ini bisa menyebabkan kuota internet Anda tersedot sia-sia. Atau ada aplikasi yang bekerja di mode background, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp, ini juga menjadi salah satu penyedot kuota internet secara sembunyi-sembunyi.

Anda bisa melakukan pengaturan penggunaan data aplikasi ini dengan cara mengaturnya di ponsel. Buka Pengaturan, klik opsi Restrict Background Data. Anda akan menghemat penggunaan kuota internet.

Selain Langkah di atas, Anda juga bisa melakukan penghematan penggunaan kuota dengan memilih paket Smartfren. Penyedia layanan jasa internet ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk sambungan internet Anda. Kekuatan sinyalnya pun cukup stabil, dan jangkauannya juga cukup luas.

Jadi Anda masih bisa terus berselancar atau bekerja dengan leluasa berkat sinyal kuat Smartfren. Dan yang paling penting, pilihan kuota internet yang ditawarkan pun cukup beragam. Anda bisa memilih kuota terkecil untuk membatasi screen time si kecil.

Nah, paket Smartfren ini bisa Anda beli di Blibli.com, salah satu marketplace terbesar, terlengkap, dan terpercaya di Indonesia. Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan keluarga, termasuk kuota internet, kebutuhan sehari-hari, hingga barang rumah tangga lainnya di Blibli.com. Hanya dengan satu klik saja, barang akan sampai di depan rumah Anda.

Di masa yang kurang baik seperti sekarnag ini, Anda tentu memikirkan untuk melakukan penyusutan pengeluaran rumah tangga, salah satunya kuota internet. Namun, kebutuhan kuota yang tak bisa diabaikan, menjadikannya dilema, ya? Nah, selamat menerapkan cara mudah tidak boros kuota internet di atas, ya. Semoga bisa membantu mengurangi beban pengeluaran Anda. 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.