banner 728x250

Antisipasi Mudik Lebaran, Satlantas Polres Sukabumi Kota Lakukan Tes Urine Dan Ramp Check

Ramp check dan tes urine yang dilakukan di Terminal Jubleg. Rabu (20/04/2022).
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI, Mbinews.id – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sukabumi Kota melaksanakan kegiatan Ramp Check terhadap beberapa kendaraan antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) yang digunakan sebagai angkutan mudik, Rabu (20/4/2022). Kegiatan yang berlangsung di Terminal Jubleg, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, juga dilaksanakan tes urin kepada para pengemudi.

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno, mengatakan dengan menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) setempat dan Badan Narkotika Nasional (BNN), kegiatan ini bertujuan dalam upaya mempersiapkan mudik hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau tahun 2022 supaya aman dan lancar.

banner 325x300

“Pada hari ini, kami melakukan kegiatan ramp check terhadap beberapa kendaraan angkutan umum yang digunakan untuk mudik lebaran, sekaligus dilakukan juga tes urin kepada para pengemudi,” ujar Tejo, kepada awak media.

Tejo menjelaskan, bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya juga mensosialisasikan Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Kemudian sosialisasi pentingnya protokol kesehatan (Prokes), karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

“Kami juga melakukan pengecekan surat-surat kelengkapan kendaraan. Pengecekan kondisi instrumen kendaraan (lampu utama, sein, wiper, rem, dan lain-lainnya). Pengecekan kondisi dan tekanan ban, hingga himbauan untuk selalu mengutamakan keselamatan diri pribadi dan orang lain,” bebernya.

Masih kata Tejo, hasil dari kegiatan Ramp Check tersebut, dari 11 unit kendaraan ada 6 kendaraan yang layak jalan, dan 5 kendaraan lainnya tidak layak jalan. Kemudian untuk tes urin yang dilakukan terhadap 28 orang hasilnya semua negatif.

“Jadi hasil dari kegiatan ini adalah, guna menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Pengemudi patuh akan prokes. Meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan pengemudi dalam berlalu lintas. Kemudian pengemudi pun ikut berpartisipasi aktif menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (Ardan/Wan/Mbi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.