banner 728x250

Ini Rekomendasi Wisata ‘Hidden Gem’ Di Cibiru Bandung

banner 120x600
banner 468x60

BANDUNG, Mbinews.id – Menghirup udara segar di lokasi wisata alam menjadi salah satu cara terbaik untuk “healing” dan menghilangkan rasa penat.

Selain udara yang sejuk, Kota Bandung dikenal banyak memiliki “hidden gem” Bandung yang menarik untuk dikunjungi.

banner 325x300

Di Cibiru Kota Bandung, banyak destinasi wisata alam yang belum banyak orang ketahui dan tentunya bisa jadi alternatif berwisata.

Berikut rekomendasi tempat hidden gem yang berada di Cibiru Kota Bandung

  1. Lembah Tangga 100
    Lembah Tangga 100 berada di Jalan Itar Siliwangi, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Lahan bekas perkebunan yang dipenuhi semak belukar, disulap menjadi ruang terbuka hijau oleh Pemerintah Kota Bandung.

Lahan seluas satu hektare lebih milik Pemkot Bandung saat ini telah ditanami berbagai pohon buah.

Ada 100 anak tangga yang bisa digunakan untuk melihat lembah atau tebing yang bisa digunakan untuk latar berswafoto.

  1. Wetland Park
    Wetland Park merupakan tempat wisata air yang memiliki berbagai sudut instagramable dan hadirkan udara sejuk penuh pemandangan hijau.

Terdapat lebih dari 19 kolam retensi, 1 septic tank komunal, 1 rumah kompos, dan gazebo kreatif multifungsi.

Berlokasi di Jalan Cilengkrang 1, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Wetland Park Cisurupan juga berfungsi sebagai tempat penampungan air saat musim hujan dan menjadi tempat cadangan air saat musim kemarau.

  1. Lembah Tangga 101
    Lembah Tangga 101 ini memiliki luas lahan sekitar 1 hektar. Selain menjadi ruang publik dan destinasi wisata, Lembah Tangga 101 juga merupakan bagian dari upaya Pemkot Bandung membuat kawasan resapan.

Lembah Tangga 101 jadi tempat wisata baru yang Instagramable di Kota Bandung. Berlokasi di Kelurahan Cisurupan, Cibiru.

Untuk sampai ke dasar lembah, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang dibuat warna-warni sehingga lebih menarik dan Instagramable.

  1. Bukit Mbah Celeng
    Bukit Mbah Celeng menjadi tempat wisata dengan area konservasi air, ekowisata dan bike Park. Bukit Mbah Celeng cocok untuk para pecinta sepeda.

Terdapat mini track down hill sepanjang 400 meter, camping ground seluas 900 meter persegi dan sisanya area penghijauan dan perkebunan di tambah fasilitas kamar mandi dan saung.

Bukit Mbah Celeng mengadaptasi dari cerita warga, konon area tersebut mengandung misteri, saat warga melakukan pemburuan babi hutan (celeng), jika celengnya atau pun anjingnya memasuki area tersebut hilang begitu saja.

Berlokasi di daerah Pasir Luhur, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Bandung.

  1. Bukit Mbah Garut
    Bukit Mbah Garut dipenuhi Hamparan pepohonan bambu yang menyapa bagi yang datang berkunjung ke lokasi ini.

Hutan bambu itu seolah tak kalah saing dengan hutan bambu yang berada di Kyoto, Jepang.

Terletak di Jalan Cilengkrang 1, Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Bukit membuat pengunjung merasa betah karena hawanya sejuk dan pemandangan asri serta menyenangkan.

  1. Kanhay Bike Park
    Buat penyuka sepeda gunung, Kanhay Bike Park adalah pilihan yang dibuat sedemikian rupa ala trek sepeda gunung dengan jalur bergelombang.

Kanhay Bike Park menjadi salah satu destinasi pesepeda yang menyuguhkan pemandangan lanskap Kota Bandung dengan udara sejuk ditambah hamparan hijaunya pepohonan.

Uniknya, nama Kanhay merupakan singkatan dari kandang ayam. Pasalnya letaknya memang dekat peternakan ayam.

Usai bersepeda, pengunjung dapat menuju beberapa spot foto yang tersedia dengan latar Gunung Manglayang. Fasilitas lain yang tersedia adalah toilet, musala, warung, dan area parkir mobil.

Nah, itu rekomendasi tempat wisata hidden gem di Cibiru, Bandung yang bisa kunjungi. Tak kalah dengan tempat wisata yang sudah populer. (rob-pipi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.