banner 728x250

Modus Penipuan Mengaku Wakil Wali Kota Sukabumi Pada Aplikasi Media Sosial

Oknum Tak Bertanggungjawab Mengunakan Nama dan Foto Wakil Wali Kota Sukabumi Pada Aplikasi Whatsapp

Ilustrasi
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI, Mbinews.id – Modus penipuan dengan mencatut nama pejabat daerah kembali terjadi. Tak tanggung-tanggung, kali ini oknum tak bertanggungjawab mencatut nama dan foto Wakil Wali Kota Sukabumi yang dipasangkan di nomor baru whatsapp, Minggu (02/10).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi membenarkan adanya hal tersebut. Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar mengatakan, hingga saat ini pihak Diskominfo Kota Sukabumi telah mengajukan pemblokiran terhadap nomor yang bersangkutan.

banner 325x300

“Kejadian ini terjadi pada hari Sabtu malam, kami menerima klarifikasi langsung dari bapak Wakil Wali Kota Sukabumi. Saat ini sudah diajukan pemblokiran terhadap nomor yang bersangkutan,” ujar Rahmat melalui sambungan teleponnya.

Baca Juga: Mantan Praktisi Pendidikan Kota Sukabumi Dorong Pemerintah Dukung Sekolah Swasta

Lanjutnya, dalam kurun waktu belakangan ini memang sudah sempat terjadi beberapa kali percobaan penipuan melalui aplikasi Whatsapp dengan mencatut foto dan nama pejabat daerah di lingkungan Pemerintahan Kota Sukabumi.

“Sebelumnya dulu sempat ada yang mengatasnamakan Kepala Kesbangpol Kota Sukabumi, Kepala Dinas Pertanian Kota Sukabumi, dan malah untuk percobaan peniupan mengatasnamakan Wakil Wali Kota Sukabumi ini sudah terjadi untuk kedua kalinya,” jalsnya.

Baca Juga: Hari Batik Nasional: Kota Bandung Pamerkan Batik Khas Raksasa Berukuran 450 meter

Masih menurut Rahmat, dirinya bersyukur atas langkah sigap yang dilakukan tidak menimbulkan korban akibat percobaan penipuan dengan modus klasik tersebut.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Sukabumi khususnya, untuk siap menghadapi perkembangan teknologi saat ini. Jika menggunakan aplikasi media sosial, gunakan aplikasi resminya, dan selalu pelajari segala fitur kemanan yang disediakan,” ungkapnya.

Sebelumnya diketahui bahwa, pada hari Sabtu (01/10) diketahui bahwa terdapat sebuah nomor asingdi aplikasi Whatsapp yang menggunakan foto Wakil Wali Kota Sukabumi. Hal tersebut diutarakan oleh Sekretaris Pribadi Wakil Wali Kota Sukabumi, yang mendapatkan informasi tersebut dari beberapa pejabat daerah Kota Sukabumi yang mendapatkan pesan Whatsapp dari nomor asing tersebut.

Hingga saat ini, dikonfirmasi tidak terdapat adanya korban yang mengalami kerugian materil akibat percobaan penipuan yang menggunakan nama dan foto Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut. (Ardan/Wan/Mbi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.