banner 728x250

Pemkot Sukabumi Galakan Indek Literasi Masyarakat

Wali Kota Sukabumi Saat Membuka Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan.
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI,Mbinews.id– Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mendorong kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan. Acara yang di inisiasi oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi tersebut, bertemakan transformasi perpustakaan untuk mewujudkan ekosistem digital nasional.

“Momen ini semangatnya menggalakan literasi di tengah masyarakat. Terutama memghadapi tantangan Indonesia masuk G20 dan masuk peringkat 16 besar dunia,”ucap Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi usai membuak kegiaatn tersebut, di Gedung Juang 45 Kota Suakbumi. Selasa, (11/10/2022).

banner 325x300

Baca Juga: https://mbinews.id/2022/10/03/menuju-kota-literasi-dispusida-kota-sukabumi-terus-galakan-gemar-membaca/

Fahmi mengungkapkan, bahwa pengelolaan perpustakaan harus semakin berkembang mengikuti tuntutan jaman, karena saat ini perpustakaan mengusung semangat inklusi sosial untuk mensejahterakan masyarakat, serta harus mendukung pencapaian visi Indonesia emas tahun 2045.

“Kota Sukabumi memiliki modal yang bagus dalam menjawab tuntutan tersebut, yakni dengan memiliki keberadaan 314 perpustakaan diberbagai tingkatan,”ujar Fahmi.

 

Fahmi juga menragetkan, pada 10 tahun mendatang Indonesia masuk 10 besar negara di dunia. Selanjutnya, pada 2045 saat Indonesia emas ditargetkan masuk 4 besar dunia.

“Saat ini bagaimana membuat tahapan dan langkah mempersiapkan anak menjemput masa depan untuk Indonesia emas 2045. Salah satunya melalui gerakan literasi, sebab tidak mungkin mencapai Indonesia emas dan 4 besar dunia kalau tidak mempersiapkan anak yang cerdas, akhlak terbaik, fisik sehat dan spiritual kuat,”katanya.

Baca Juga:https://mbinews.id/2019/09/23/transformasi-perpustakaan-di-era-digital/

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpusnas, Nurcahyono, dalam sambutannya, menekankan pentingnya literasi bagi pertumbuhan anak, karena dapat membantu mengembangkan pola pikir kritis dikemudian hari.

“Orang tua memiliki peranan penting dalam mengenalkan literasi kepada anak sejak dini, karena bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis serta menyiapkan mereka untuk menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi,”singkatnya.

Dalam kegiatan tersebut, diserahkan 8 sertifikat akreditasi perpustakaan. Diantaranya, untuk Perpustakaan SMA Negeri I Kota Sukabumi yang memperoleh Akreditasi A, dan Perpustakaan SMP Negeri 15 yang menyandang akreditasi C. ardan/wan/mbi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.