banner 728x250

Bersama Forum PRB, BPBD Kota Sukabumi Lakukan Aksi Mitigasi Bencana di Sungai Cisuda

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardani
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI,Mbinews.id– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, bersama forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) melakukan aksi mitigasi bencana dengan membersihkan aliran Sungai Cisuda yang mengalir melintasi wilayah Jembatan Merah, Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros. Kamis, (13/10/2022).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani mengungkapkan, dipilihnya lokasi tersebutr, karena beberapa waktu lalu sempat terjadi banjir yang menimbulkan korban jiwa akibat luapan sungai Cisuda.

banner 325x300

Baca Juga:https://mbinews.id/2022/10/06/bencana/

“Kegiatan ini melibatkan unsur Pemerintah, BUMN, berbagai organisasi termasuk relawan, dan masyarakat,”ucapnya.

Imran menambahkan, dalam aksi mitigasi ini, dilakukan dengan pemberishan sungai dari kotoran dan sampah, termasuk konservasi pohon disekitar sungai. Selain itu dipasang pula karung dan beronjong untuk mengantisipasi luapan air, termasuk pergeseran tanah.

Baca Juuga:https://mbinews.id/2022/09/20/usung-semangat-tebar-kebaikan-pmi-tingkatkan-layanan-kantong-mayat-darah-dan-kebencanaan/

“Aksi mitigasi bencana dilakukan dengan pembersihan aliran sungai dari kotoran dan sampah, termasuk konservasi pohon disekitar sungai. Termasuk memasang karung dan beronjong untuk mengantisipasi luapan air, termasuk pergeseran tanah,”ucapnya.

Imran berharap, dengan giat aski ini dapat meningkatnya kesadaran, kemitraan antara pemerintah, lembaga usaha, dan masyarakat dalam pembangunan yang berkesinambungan dan berbasis PRB, meningkatnya komitmen bersama aksi nyata pelaku lembaga usaha dan masyarakat dalam PRB.

Baca Juga:https://mbinews.id/2021/11/15/tinjau-bencana-walikota-sukabumi-himbau-warga-tetap-waspada/

“Sedangkan kaitan dengan Hari Pengurangan Risiko Bencana, kami, bahkan Pak Wali Kota telah menghimbau setiap instansi dilingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ikut ambil bagian dalam mitigasi bencana dengan menggelar lokakarya, seminar dan simulasi kebencanaan,”akunya.

Baca Juga:https://mbinews.id/2022/04/16/diguyur-hujan-intensitas-tinggi-polsek-citamiang-terima-aduan-bencana-banjir/

Sebagai informasi, Sejak Tahun 2009, Badan PBB United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR), atau sekarang bernama UNDRR (United Nations for Disaster Risk Reduction) telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan PRB Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction).

Baca Juga:https://mbinews.id/2022/04/26/antisipasi-bencana-susulan-warga-kerja-bakti-bangun-bronjong/

Hari Peringatan PRB ini menjadi pengingat bersama atas kemajuan-kemajuan, keberhasilan, capaian-capaian dalam mempertahankan ketangguhan dari dampak di Indonesia, Peringatan PRB telah menjadi agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013 dan setiap bulan Oktober dinisbahkan sebagai bulan Bhakti pengurangan risiko bencana.ardan/wan/mbi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.