banner 728x250
Kronik  

Ketahui Jenis dan Tipe Kabel HDMI

banner 120x600
banner 468x60

KETIKA Anda akan menampilkan tampilan laptop ke televisi atau proyektor, makan diperlukan kabel penghubung. Kabel penghubung ini adalah kabel VGA atau kabel HDMI. Rupanya, kabel HDMI ada beberapa jenis dan tipenya, serta ada juga yang bisa disambungkan ke handphone.

Berikut ini terdapat jenis­-jenis dan tipe kabel HDMI yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Langsung saja simak pemaparannya di bawah ini.

banner 325x300

Jenis-jenis Kabel HDMI

Sebelum membahas apa saja jenis dari kabel HDMI, pertama Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu HDMI. HDMI merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface.

Kabel HDMI biasanya digunakan untuk memindai dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan tujuan untuk menampilkan gambar atau video yang lebih besar dan luas.

Penggunaan HDMI umumnya ditemukan di kebutuhan sehari­-hari seperti saat presentasi menggunakan proyektor, menonton video/film, dan juga menampilkan dokumen agar terlihat lebih besar dan jelas di layar.

Kabel penghubung HDMI terdapat 3 jenis berdasarkan ukurannya, yaitu standar, mini, dan mikro. Untuk lebih jelas perbedaan ketiganya, terdapat di uraian berikut ini.

1.   Standar (Tipe A)

Kabel HDMI jenis ini paling banyak digunakan. Konektor 19­pin ini bisa ditemukan di hampir semua merek televisi, monitor komputer, konsol game, dan juga komputer. Ukurannya paling besar dibanding dengan 2 jenis kabel HDMI lainnya.

2.   Mini (Tipe C)

Berikutnya ada mini HDMI tipe C. Kabel HDMI yang satu ini juga memiliki 19­pin dan memiliki fitur yang sama dengan tipe A. Namun, ukurannya lebih kecil sehingga bisa digunakan untuk perangkat kamera DSLR atau tablet.

3.   Mikro (Tipe D)

Terakhir, ada kabel HDMI jenis mikro yaitu tipe D. Ukuran dari kabel HDMI ini lebih kecil, namun memiliki fungsi yang lebih kompleks dibanding jenis lainnya. Selain itu, karena ukurannya yang kecil, bisa digunakan sebagai kabel penghubung untuk handphone seperti hp iPhone.

Tipe Kabel Penghubung HDMI

Ada sejumlah jenis kabel penghubung HDMI yang dirancang untuk mendukung resolusi video dan fitur dalam spesifikasi HDMI. Namun, rupanya tidak semua kabel menggunakan logo, tetapi terdapat spesifikasi kabel yang menunjukkan kecepatan tinggi standar, premium atau ultra tinggi.

Untuk tipe kabel standar (kategori 1), memiliki resolusi 1080i atau 720p dengan 30Hz refresh rate dan bandwidth 4,95 Gb/s. Lalu, standar dengan ethernet memiliki resolusi yang sama dengan standar (kategori 1), namun ditambah saluran ethernet HDMI khusus dan bandwith­nya 4,95 Gb/s.

Sementara itu, ada juga tipe high speed (kategori 2) dengan resolusi lebih tinggi dari standar (kategori 1) yaitu 1080p dengan 4K@30Hz dan bandwidth sebesar 10,2 Gb/s. Lalu, untuk high speed dengan ethernet resolusinya juga sama, namun dengan tambahan saluran ethernet HDMI khusus dan bandwidth 10,2 Gb/s.

Selanjutnya, ada kategori 3 (4K) dan (10K) yang memiliki resolusi berbeda, untuk bandwith yang 4K yaitu 18 GB/s, kemudian untuk bandwith 10K yaitu 48 Gb/s. Terakhir, ada juga kategori khusus dengan full HD up to 1080p dengan toleransi suhu mulai dari ­40̊C hingga 80̊C.

Dapatkan Kabel HDMI Lebih Lengkap di Shopee

Untuk Anda yang membutuhkan kabel HDMI, Anda sebenarnya bisa membelinya di toko listrik terdekat. Namun, kalau Anda malas bepergian keluar rumah, Anda bisa membelinya secara online dengan mudah di aplikasi Shopee.

Di Shopee, Anda bisa membeli kabel HDMI sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, di Shopee juga terdapat banyak toko kabel HDMI yang menawarkan produk kabel HDMI dengan berbagai jenis dan tipe. Jadi, pastinya apa yang Anda butuhkan akan tersedia di Shopee.

Sebelum membeli kabel HDMI di Shopee, alangkah baiknya Anda mengetahui fungsi dan tujuan penggunaan kabel HDMI itu sendiri terlebih dahulu. Pemilihan jenis kabel HDMI juga harus tepat sesuai dengan perangkat yang akan digunakan.

Jika salah memilih ukuran, maka kabel HDMI tidak bisa digunakan. Jadi, pastikan Anda memilih ukuran yang tepat. Jika merasa sulit, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan seller agar diberikan rekomendasi produk kabel HDMI yang tepat untuk kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan salah pilih kabel HDMI.

Jika sudah yakin dengan produk kabel HDMI yang dipilih, Anda bisa langsung melakukan checkout. Prosesnya mudah dan cepat, serta Anda bisa memilih berbagai metode pembayaran yang paling sesuai dengan kemudahan dan keinginan Anda.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *