banner 728x250

Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Pemkot Sukabumi Berencana AKan Bangun Museum dan Monumen K.H.Ahmad Sanusi

banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI, Mbinews.id– Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, berencana membangun Museum dan monumen KH Ahmad Sanusi di tahun 2023 mendatang. Hal itu, sebagai bentuk rasa bangga dan kehormatan atas capaian penganugrahan KH. AHamad Sanusi sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Pusat.

“Penganugrahan pahlawan nasional menjadi sebuah kebahagiaan dan kebanggaan, karena pengusulan ini sudah beberapa kali, dan beberapa kali ditolak. Namun, saat ini pemerintah pusat resmi menetapkan KH Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional,”ucap Fahmi di konferensi Pers penganugerahan gelar Pahlawan Nasioanl Kepada K.H. Ahmad Sanusi. di Syamsul ullum. Selasa, (8/11/2022)

banner 325x300

Museum tersebut, lanjut Fahmi, akan diisi dengan hasil karya KH Ahmad Sanusi semasa hidup. Ajengan Genteng ini bukan hanya pahlawan setingkat Kota Sukabumi saja, tetapi juga sudah masuk ke taraf nasional. Terlebih, tercatat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan pendiri PUI.

” Karya-karya dari beliau setelah menjadi pahlawan nasional maka bukan lagi menjadi peninggalan keluarga tetapi ini tentunya bagi umat dan warga,” kata Fahmi.

Selain itu juga, beberapa bagian yang ada di Kota Sukabumi sudah lebih dulu diberi nama KH Ahmad Sanusi. Diantaranya, seperti nama Terminal dan nama jalan.

“Terminal Tipe A yang berlokasi di Jaluir Selatan, kita berikan nama K.H. Ahmad Sanusi, begitu juga dnegan salah satu jalan yang ada di kota Suakbumi kita berikan nama beliau. Dan ini merupakan salah satu bentuk Pemda sejak awal mendukung beliau menjadi pahlawan nasional,” tuturnya.

foto: diambil dari Portal sukabumi.go.id

Sementara itu, salah seorang cucu KH Ahmad Sanusi sekaligus Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam Syamsul Ulum, Hj Neni Fauzia menanggapi terkait rencana Pemda membuatkan museum, monumen hingga memperbaiki makan KH Ahmad Sanusi.

“Kami sangat senang sekali karena dengan jalan itu (museum KH Ahmad Sanusi) karya beliau bisa terawat. Saya sangat mensupport sekali mudah-mudahan apa yang dikemukakan pemerintah daerah menjadi suatu kenyataan,”paparnya.

Neni menambahkan, terdapat banyak versi jumlah karya KH Ahmad Sanusi ada yang mengatakan 200 kitab hingga 300 lebih. “Cita-cita keluarga semoga karya tulis beliau itu bisa bermanfaat dan bisa diakses masyarakat ataupun para sarjana Islam,”pungkasnya.

Dikutip di portal Sukabumikota.go.id, K.H. Ahmad Sanusi, dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia, dilakukan di Istana Negara pada hari Senin, 7 November 2022.

Gelar Pahlawan Nasional dianugerahkan berdasarkan Keputusan Presiden nomor 96/TK/2022, setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo menyetujui usulan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang diketuai oleh Menkopolhukam, Mahfud MD.ardan/wan/mbi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.