SUKABUMI, Mbinews.id – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi mengadakan pelatihan pemasaran digital. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang pelaku usaha pariwisata, Selasa (10/09/2024).
Dalam acara yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.
Para tenaga ahli di bidang pemasaran digital pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Qiesthas Noe’man, menjadi pemateri tentang strategi pemasaran melalui media sosial, Search Engine Optimization dan web analitik.
Kegaitan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Dalam keterangannya disebutkan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk meningkatkan pemasaran sektor pariwisata.
“Ini salah satu upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi yaitu pemasaran. Mudah – mudahan pelatihan ini bisa meningkatkan peran stakeholder, pelaku industri pariwisata agar usaha mereka dikenal secara luas bahkan ke mancanegara.” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho, mengharapkan melalui pelatihan ini para pelaku usaha mampu melakukan pencitraan yang baik terhadap setiap usaha mereka.
Dirinya juga menerangkan bahwa para peserta yang mengikuti pelatihan ini, sebelumnya telah menjalani proses kurasi.
Hal tersebut untuk memastikan, bahwa pelaku usaha yang mengikuti pelatihan ini memiliki unggulan serta bisa memberikan dorongan terhadap pembentukan ekosistem pariwisata.
“Kita kurasi tempat wisata, kuliner, café yang kira – kira memiliki unggulan dan membantu terhadap ekosistem kepariwisataan. Salah satunya adalah pengelola Pasar Pelita, karena kita harapkan pasar ini menjadi ikon dan menjadi pasar wisata.” pungkasnya. (Ardan/Wan/Mbi)