MajalengkaPendidikanSukabumi

Robot Angklung Kota Cirebon Tampil di TTG Kota Sukabumi

MBInews.id, Sukabumi – Dalam rangka kegitan Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Jabar yang digelar pada 20 sampai 22 Agustus 2019 di Lapang Merdeka Kota Sukabumi.

Ada hal yang menarik dalam kegitan tersebut, yakni sebuah pertunjukan musik Angklung yang biasanya dilakukan oleh manusia, kini dilakukan oleh komputer, yang ditampilkan perserta dari Kota Cirebon.

Muhammad Syafri Syamsudin, Guru SMK1 Cirebon, menjelasakan, Angklung tersebut bernama Robot Angklung, karena didalamnya ada rangkaian mesin yang dioperasikan oleh komputer, sehingga Angklung bisa berbunyi sesuai yang diinginkan.

“Robot Angklung ini kita oprasikan oleh komputer mengunakan software musik yang biasa digunakan pada umumnya, rangkaian mesinnya kita gunakan Kit Ardino dan motor driver yang berfungsi untuk mengolah dan mengatur musik. Nah, untuk memungsikan antara Angklung dengan mesinnya ini, kita gunakan kunci Sentralok. Sehingga Angklung bisa berjalan memainkan irama berdasarkan perintah komputer,” jelas Muhammad Syafri.

Sebelumnya, Muhammad Syafri mengatakan, permuatan Robot Angklung tersebut, dibuat bersama dua orang temannya dengan membutuhkan waktu yang lama dan anggaran dana yang cukup besar juga.

“Robot Angklung ini kita buat bertiga, mulai perencanaan dan pembuatannya lamanya 1 bulan, dan kita habiskan dana kurang lebih 5 Jutaan,” ungkap Syafri.

Safri berharap kepada hasil pembutannya tersebut, bisa diapresiasi dan dikembangkan oleh pemerintah sebagai karya anak bangsa dijaman komputerisasi.

“Ya… saya bergarap Robot Angklung ini bisa diapreasiasi dan dikembangkan oleh pemerintah sebagai karya anak bangsa lah.., Meskipun sebelumnya pernah ditampilkan diacara Seni Media Kemendikbud RI kemarin,” pungkasnya. (Dian)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button