Pendidikan

Dani Nurahman : Pentingnya Peranan Guru Untuk Pemberdayaan Dan Pengembangan Sekolah

BANDUNG, MBinews.id – Ditemui di ruang kerja Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Sekolah Dasar Disdik Kota Bandung,  Dani Nurrahman memaparkan betapa pentingnya peranan guru dalam dunia pendidikan,  Jalan Ahmad Yani Bandung,  Senin,  (7/10/19)

Kwalitas pelajaran ditentukan oleh mutu pembelajaran seorang guru dalam mengejewantahkan ilmu pada anak didiknya dengan cara, teknik, skill hingga keilmuannya hingga dapat dicerna dan diterima dengan baik oleh anak didiknya. Yang utama dalam pembelajaran dan pengajaran yaitu penyampaian ilmu yang diajarkan mudah diterima dan dicerna oleh siswanya terlebih penerapannya.

Guru dituntut berperan ganda dalam tugasnya yaitu sebagai pembelajaran, pengajar, pembimbing, pengawas hingga menjadi orang kedua sebagai orang tua anak didiknya. Tiada lain agar guru sebagai teladan untuk ditiru dan digugu anak didiknya.

“Guru orang yang menstransfer ilmu pada anak didiknya dalam pembelajaran dengan berbagai metode,  cara,  teknik,  skill hingga keilmuannya agar mudah dicerna, dipahami dan dimengerti oleh anak didiknya sehingga tugas pembelajaran menuju arah yang tepat pada tujuan dan sasaran yang diharapkan” penjelasan Dani Nurrahman.

“Guru diibaratkan nutrisi makanan dimana pengolahan pada makanan bisa berguna dan bermanfaat serta terjamin kesehatannya dengan berbagai olahan agar kadar vitamin dan zat yang terkandung dalam makanan tersebut baik untuk dikonsumsi tubuh” tambah Dani Nurrahman.

Guru bisa membangun dan mengungkap bakat,  karakter anak didiknya lewat penilaian sifat,  kebiasaan dan kelebihan anak didik atas mata pelajaran tertentu sehingga guru penuntun dasar keinginan cita-cita anak didik tersebut. Ilmu psikologis guru dapat menuntun anak didiknya pada porsi profesionalnya meraih cita-cita sesuai kemampuan mencermati,  mencerna dan memahami ilmu pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dirinya.

“Sebagai orang tua kedua maka guru berhak memberikan rapor atau laporan pada orang tua terhadap anak didiknya baik kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya tiada lain untuk penyesuaian dengan apa yang dicitakan dengan kebiasaan dan kemampuan anak didik tersebut sebaiknya harus terarah dan diarahkan kemana?” Ungkapnya.

Guru juga sebagai penuntun lahirnya profesi-profesi yang pas untuk anak didiknya dalam mengejar cita-cita yang diinginkan sesuai kelebihan kemampuan dan ilmu pengetahuan atas titik berat penilaian penyesuaian dengannya.

“Adanya Profesor, Doktor, Menteri, Pejabat,  profesi lainnya bahkan hingga presiden tidak terlepas dari adanya peranan guru” pungkasnya. (iwnbelekok)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button