Bandung RayaJabarRegional

Peringati Hari Kanker Sedunia, RSUD Al – Ihsan Lakukan Serangkaian kegiatan Edukasi Penyakit Kanker

BALEENDAH, MBInews.id – Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Al- Ihsan Baleendah, kabupaten Bandung  adakan serangkaian kegiatan berupa senam bersama masyarakat, dan edukasi kesehatan. 

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Al-ihsan  Dr. Dewi Basmala MARS, mengatakan peringatan Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan dan edukasi kepada  masyarakat terhadap penyakit kanker.

Dikatakannya penyakit kanker merupakan penyakit tertinggi kedua didunia yang dapat menyebabkan kematian terhadap penderitanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan data menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker.

Bahwa sekarang RSUD Al Ihsan sudah memiliki fasilitas lengkap untuk  memberitahukan bahwa masyarakat  usah takut untuk memeriksakan Apabila ada gejala-gejala Rumah Sakit Al Ihsan sudah siap mulai mendeteksi pengobatan lengkap semua sumber daya dokter-dokternya.ungkap, Dr. Dewi Basmala MARS

“kalau misalnya untuk periksa saja takut ketahuan penyakitnya dan sebagainya padahal deteksi dini itu penting karena pasien yang datang ke sini tuh saat ini rata – rata sudah stadium tiga” katanya.

Dikatakannya sebagai rumah sakit yang memiliki program unggulan pelayanan onkologi terpadu, RSUD Al-Ihsan ingin turut berperan dalam memberikan pengobatan terbaik bagi pasien radioterapi.

Sementara itu, Dr Yusuf mengucapkan terimakasih kepada pihak Rumah Sakit yang telah menginisiasi untuk memperingati hari kanker sedunia ini dengan berbagai rangkain kegiatan.

Dikatakannya penyakit kanker menjadi momok yang menakutkan serta sukar disembuhkan tetapi masih bisa harapan untuk hidup. “Tentu upaya pencegahan lebih baik dari pada mengobati,” ujarnya.

Untuk itu, kegiatan ini diharapkannya dapat menyadarkan kita akan pentingnya pola hidup sehat. Pungkasnya

Kemudian dilanjutkan dengan senam bersama dan komunitas kanker dihalaman RSUD Al Ihsan dan seminar untuk masyarakat yang awam atau edukasi tentang kanker  pukul 10 sampai 12.00 wib demgan dikuti oleh 200 peserta dengan menghadirkan dua orang Nara sumber yaitu Dr .dr.H.Yysuf hariady, sp.b dan dr Faisal Adam, sp.onk  rad dari kanker RSUD Al Ihsan kabupaten Bandung, dan dilanjutkan dengan taglib Akbar 

Selain menghadirkan dua Nara sumber, dalam seminar  ini Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat bagi para penderita kanker, khususnya pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-ihsan  yang saat ini menjalankan pengobatan. (Alfaz)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button