RegionalSukabumi

Grafik Bencana 2020 Kota Sukabumi Cendrung Menurun

SUKABUMI, MBInews.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi merilis grafik terjadinya bencana selama tahun 2020.

Dalam keterangan persnya yang disampaikan Kepala BPBD Kota Sukabumi H. Imran Wardhani menyampaikan secara rinci jumlah kejadian bencana berdasarkan jenisnya yang terjadi pada tahun 2020

“Bencana pada tahun 2020 itu mencatat ada 199 jenis bencana yang terjadi. Diantaranya untuk kebakaran 17 kali, banjir 20 kali, tanah longsor 51kali, angin topan 4 kali, gempa bumi 38 kali dan cuaca ekstrem 69 kali,” ujarnya saat konferensi pers bersama awak media di salah satu rumah makan di Jl. Jalur Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, Selasa (12/01/21).

Menurut Imran, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2019 tingkatnya menurun, karena berdasarkan data grafis tahun 2019 dilihat sangat tinggi.

“Jenis bencana tahun 2019 mencatat ada 248 bencana, paling tinggi tanah longsor 79, cuaca ekstrem 71 kali, kebakaran 52 kali, dan banjir 28 kali, angin topan 10 kali,” ucapnya.

Kendati dalam tahun 2020 ada penurunan, pihak BPBD Kota Sukabumi akan terus mewaspadai upaya antisipasi kontijensi bekerjasama dengan pihak-pihak terkait didalamnya.

“Seperti halnya kita terus melakukan himbauan kepada masyarakat upaya membangun kesadaran, mitigasi gempa dengan melibatkan berbagai unsur elemen, pengelolaan drainase bekerjasama dengan dinas terkait didalamnya,” pungkas Imron. (Dian/Ardan/Mbi).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button