Cintai Al Qur’an, Oded: Alquran Merupakan Jalan Hidup Dan Petunjuk Hidup Umat Islam – mbinews.id
Bandung RayaJabarPemerintahan

Cintai Al Qur’an, Oded: Alquran Merupakan Jalan Hidup Dan Petunjuk Hidup Umat Islam

BANDUNG, MBINews.id – Alquran merupakan kitab suci yang diturunkan atau diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Hingga saat ini, mushaf tersebut kemudian menjadi pedoman hidup bagi umat muslim.

Pada momen bulan suci Ramadan dan bertepatan dengan diturunkannya Alquran ke bumi, Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengajak seluruh umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mencintai Alquran.

“Alquran merupakan way of life (jalan hidup) dan petunjuk hidup umat Islam,” tutur Oded pada saat mengisi ceramah tarawih YPM Salman ITB secara virtual, di Rumah Dinas Pendopo Kota Bandung, Kamis 22 April 2021.

Oded menerangkan, dalam Alquran dijelaskan barang siapa yang senantiasa berpegang teguh kepada Alquran dengan cara mencintainya, maka akan mendapatkan syafaat dan perlindungan dari Allah.

“Mari kita bertadabur tentang pesan-pesan dari Allah betapa pentingnya hidup ini selalu bersama Alquran di manapun kita berada,” serunya.

Ketika seorang umat muslim mencintai Alquran dengan cara mempelajari, membaca, menghafal, bahkan sampai mengamalkannya, maka hidupnya baik. Saat di dunia maupun di akhirat nanti akan mendapat pertolongan Allah.

“Begitu banyak janji Allah. Dalam hadits juga dijelaskan dengan membaca satu huruf Alquran dia akan mendapatkan kebaikan-kebaikan. Maka di momentum Ramadan, mari bersama-sama tingkatkan kecintaan kepada Allah dalam bentuk mencintai Alquran,” imbuh Oded.

Tak henti-hentinya Oded mengingatkan, umat muslim tak boleh terlena dengan kenikmatan dunia yang akhirnya membuat lupa dan abai kepada Alquran.

Oded pun teringat akan sebuah ayat di dalam Alquran, yaitu surat Thaha ayat 124. Dalam surat tersebut dijelaskan, barangsiapa yang berpaling dan jauh dari Alquran, tidak terbesit di hatinya untuk cinta Alquran, siap-siap dia akan berhadapan dengan realitas kehidupan (sumpek, sempit, sesak, dan banyak masalah).

“Ayat ini mengingatkan kita jangan sampai jauh dari Alquran. Apabila hidup kita mendapatkan kondisi sumpek dan banyak masalah, mari introspeksi diri. Jangan-jangan kita jauh dari Alquran dan terlalu disibukan dengan kehidupan dunia,” tuturnya.

“Semoga kita tidak termasuk orang yang menyesal karena di dunia kita melupakan Alquran,” tambah Oded. (tan)**

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button