Sandiaga Uno: Bangkitnya Ekonomi Nasional Dimulai Dari Desa – mbinews.id
JabarNasionalRegional

Sandiaga Uno: Bangkitnya Ekonomi Nasional Dimulai Dari Desa

BANDUNG, MBInews.id – Program desa wisata terus digalakkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19. Termasuk di Kuningan bersama Cinta Laura selaku Public Figureserta Ega Noviantika, penyanyi dangdut yang terkenal lewat ajang Dangdut Academy dan berasal dari Kabupaten Kuningan selaku Key Opinion Leader

Setelah mengunjungi 3 desa wisata sebelumnya yaitu desa wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang, desa wisata Mas Ubud Bali dan  desa wisata Tugu Selatan Cisarua bogor, kali ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke desa wisata yang berada di kaki gunung Ceremai yaitu desa wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan. Senin (31/5/2021)

Desa Cibuntu dikenal sebagai juara di level ASEAN untuk pariwisata.Desa Wisata Cibuntu pernah menyabet sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. Selain itu, pada 2017, desa ini juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Selain itu Cibuntu merupakan desa wisata yang memiliki banyak daya tarik berupa air terjun, kolam renang, dan camping ground dimana pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Atraksi budaya juga menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Desa Cibuntu adalah tarian penyambutan pengunjung.

“Dengan kita hadir di sini (Cibuntu) banyak mencatat beberapa kategori yang bisa ditingkatkan agar kebangkitan ekonomi nasional bisa kita hadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” kata Sandiaga

Menurut Sandiaga dengan digalakkannya desa wisata diharapkan dapat memberi kebijakan yang adil dengan melibatkan banyak masyarakat. Dia optimistis bangkitnya ekonomi nasional dimulai dari desa.

“Kenapa desa wisata karena ini adalah kebijakan yang berkeadilan, begitu banyak masyarakat yang terlibat disini. Selama ini pemerintah pusat hanya fokus di program yang belum tentu menyentuh masyarakat yang ada di lapisan terbawah,” kata dia.

“Jadi, ini adalah kebijakan yang mudah-mudahan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” dia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengajak artis Cinta Laura untuk turut menyosialisasikan program ADWI 2021 dan melihat potensi Desa Cibuntu.

“Saya menghadirkan Cinta Laura yang jago di konten kreatif, generasi Z dan merupakan generasi yang akan terus dilibatkan dalam pengembangan desa wisata kedepan,” pungkasnya

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button