Jelang Idul Adha 1442 Hijriyah, DKP3 Kota Sukabumi gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban – mbinews.id
RegionalSukabumi

Jelang Idul Adha 1442 Hijriyah, DKP3 Kota Sukabumi gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

SUKABUMI,Mbinews.id– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi mulai gencar lakukan pemeriksaan kesehatan, dan penjualan hewan kurban keseluruh lapak di Kota Sukabumi.

Pemantauan itu tentunya, untuk mendorng para penjual menyiapkan hewan yang layak serta untuk memenuhi permintaan, dalam menghadapi Idul Adha 1442 hijriah mendatang.”Pemantauan dan pemeriksaan sudah dilakukan oleh tim kita sejak awal Juli lalu, ke tiga Kecamatan. Yakni, Citamiang, Gunungpuyuh, dan Cibeureum,”ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, Dian Sucianti, Rabu, (6/7/2021).

Dian mengungkapkan, dalam pemantauan tahun ini, pihaknya juga melibatkan relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kota Sukabumi.”Mengingat sekarang PPKM Darurat, jadi untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban kelapangan, kita juga berkolaborasi dengan masyarakat melalui PMI, sehingga satu Keluarahan satu relawan,”terangnya.

Dalam pemantauanya kelapangan, setiap hewan yang diperiksa harus memiliki Surat Kesehatan Hewan (SKH), terutama yang didatangkan dari luar Kota Sukabumi. Sebab, yang diperisaka itu diantaranya, umur hewan, bobot hewan, fisik nya apakah ada yang catat atau tidak. Setelah hasil pemeriksaan dinyatakan sehat, pihaknya juga akan memberikan kalung ke hewan kurban tersebut, sebagai salah satu tanda jika hewan itu sehat dan layak untuk keperluan kurban nanti.

“Jadi dengan adanya kalung yang menyatakan hewan kurban tersebut sehat, masyarakat bisa membeli dengan rasa aman, karena sudah memenuhi persyaratan tadi,”terangnya.

Hingga saat ini, hasil pemantauan yang dilakukan, semua hewan kurban dinyatkan sehat. Namun, pihaknya tetap melakukan pemantauan sampai H-1 Idul Adha 1442 Hijriyan nanti. ardan/dian/mbi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button