Bandung Berbagi Sudah Menjalar Ke 18 Kelurahan – mbinews.id
Bandung RayaJabarPemerintahan

Bandung Berbagi Sudah Menjalar Ke 18 Kelurahan

BANDUNG, Mbinews.id – Gerakan Bandung Berbagi yang diinisiasi oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial kini sudah menyebar ke 18 kelurahan di Kota Bandung. Di antaranya di Kelurahan Tamansari, Kelurahan Kacapiring, Kelurahan Cisaranten Kulon.

Selain itu, Bandung berbagi juga bisa ditemui di wilayah Kelurahan Cisaranten Endah, Kelurahan Babakan Sari, Kelurahan Burangrang, Kelurahan Cisaranten Wetan, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kelurahan Antapani Wetan, dan Kelurahan Wates.

Termasuk di Kelurahan Cigondewah, Kelurahan Cipadung, Kelurahan Pasir Endah, Kelurahan Jamika, Kelurahan Dungunsariang, Kelurahan Babakan Ciparay dan Kelurahan Cigadung.

Pada Jumat 13 Agustus 2021, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meninjau gerakan tersebut di RW 02 Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal.

“Ini terinspirasi oleh Alquran pada surat Al Quraisy. Bisa diterapkan seperti penanganan Covid-19 ini bagi warga terdampak,” kata Oded di sela-sela peninjauan.

Ia berharap dengan gerakan ini masyarakat semakin bergotong royong saling membantu satu sama lain.

“Alhamdulillah ada 18 kelurahan di 15 kecamatan, nanti semuanya diharapkan melaksanakan ini. Karena warga yang mampu memiliki rezeki atau bernasib baik, bisa membantu kepada yang membutuhkan,” beber Oded.

Salah satu penerima Bandung Berbagi, Ade kesih (52) mengatakan, gerakan tersebut sangat membantu.

“Alhamdulilah membantu sekali dengan adanya ini (Bandung Berbagi),” kata Ade.

Sementara itu, Ketua LPM Cibangkong, Edi Mulyadi mengatakan gerakan Bandung Berbagi cukup membantu masyarakat. Dalam beberapa kasus, ada keluarga yang memang sangat membutuhkannya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Bandung Berbagi ini untuk yang tidak mampu, juga yang tidak kerja. Mereka membutuhkan ini,” katanya.

Sedangkan Ketua RW 02, Neneng Hesti Handayani mengungkapkan, awalnya ini untuk membantu warga yang sedang isolasi mandiri (isoman). Sampai saat ini sudah 200 boks yang diberikan kepada warga membutuhkan.

“Bantuan pemerintah juga sangat bermanfaat, alangkah baiknya mandiri. Saat ini hanya hari Jumat saja. Ke depanya, seminggu bisa 2 kali pada hari Senin dan Kamis bahkan setiap hari,” harapnya.

Camat Batununggal, Tarya mengatakan, di Kecamatan Batununggal ada 2 kelurahan yang menerapakan Bandung Berbagi, yakni Kelurahan Kacapiring dan Kelurahan Cibangkong.

“Di Kecamatan Batununggal sudah ada 2 kewilayahan, Cibangkong dan Kacapiring. Ini didukung oleh ketua RW, sudah teruji karena selama bulan Juni dan Juli yang melakukan isoman cukup banyak,” katanya. (yan-pipi)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button