Bangun Semangat UMKM, Komunitas Binaan Airlangga Hartarto Keliling Jawa Barat – mbinews.id
JabarPolitikRegionalSukabumi

Bangun Semangat UMKM, Komunitas Binaan Airlangga Hartarto Keliling Jawa Barat

SUKABUMI, Mbinews.id – Bantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) pasca pandemi Covid-19, Komunitas UMKM Usaha melakukan safari ke empat wilayah di Provinsi Jawa Barat (Jabar), salah satunya di Kota Sukabumi Selasa (14/12/2021).

Komunitas yang merupakan binaan dari Airlangga Hartarto tersebut, merupakan sebuah komunitas yang memiliki sebuah program untuk membantu pelaku UMKM, salah satunya dengan memborong dagangan mereka. selaku tim koordinator UMKM Usaha Provinsi Jabar Ilham Ahmad Firdaus mengatakan, ada program-program yang akan diselenggarakan selama lima hari ke depan. Salah satunya program usaha Borong usaha yang baru saja dilangsungkan di kawasan Cipanengah, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

“Selama lima hari ke depan, rencananya tim kami mau keliling Jabar. Hari ini di Kota Sukabumi, kita ada menjalankan tiga program, yaitu borong usaha, bantu usaha, dan usaha kita,” kata Ilham kepada awak media.

Lanjutnya, Ilham menjelaskan ada puluhan UMKM dari empat kabupaten dan kota yang akan mendapat bantuan program. Ada yang akan diborong dagangannya, ada yang mendapatkan bantuan modal atau alat usaha, ada juga yang dibantu promosi nya melalui digital marketing dan pemberian merchendise yang bisa diberikan pada pembeli, untuk mendongkrak penjualan.

“Dari rangkaian usaha on the road ini, kita mau kasih stimulus dan motivasi supaya para UMKM ini bisa semangat lagi berjualan, apalagi selama pandemi ini,” jelas Ilham.

Menurut Ilham, inti dari rangkaian program usaha on the road bertujuan untuk memberikan stimulus serta motivasi kepada para pelaku usaha agar usahanya kembali bangkit, terlebih di masa pandemi. Ilham mengaku tidak masalah jika kegiatannya dianggap bermuatan politik.

Salah satu program unggulannya, berupa “Borong usaha UMKM” yang dilakukan di Kota Sukabumi.

“Anggapan politis pasti ada. Kita terima saja dan hanya melihat sisi positif dari manfaat kelompok UMKM usaha ini,” tegasnya.

Anggapan tersebut menurutnya sangat wajar karena pembina UMKM usAHA Airlangga Hartarto adalah Ketua Umum Partai Golkar, yang saat ini tengah digadang-gadang untuk menjadi calon presiden.

“Kami melihat beliau adalah figur yang peduli UMKM, baik itu dari kebijakannya sebagai menteri maupun sebagai pribadi. Karena itu kami daulat sebagai pembina,” ujarnya.

Kota Sukabumi merupakan titik pertama kegiatan usaha on the road dilaksanakan. Ilham menjelaskan, di Kota Sukabumi sudah ada 165 UMKM yang bergabung dalam komunitas. Sementara untuk wilayah Jawa Barat, ada 4306 UMKM yang tergabung. Ardan/Wan/Mbi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button