Bappeda Kota Sukabumi Ciptakan SIGENKO – mbinews.id
JabarPemerintahanRegionalSukabumi

Bappeda Kota Sukabumi Ciptakan SIGENKO

SUKABUMI,Mbinews.id-Untuk merancang suatu tentang keruangan di Kota Sukabumi. Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, ciptakan aplikasi yang diberi nama Sistem informasi Geospasial Kota Sukabumi (SIGENKO). Sistem tersebut, merupakan informasi tentang geografis.

“Jadi nanti SIGENKO tersebut, sebagai perencanaan, sekaligu untuk membuat suatu perencanaan juga,”ujar Plt. Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Mutmainah,”Rabu, (15/12/2021).

Reni menjelaskan, Sigenko merupakan aplikasi berbasis informasi gegografis yang dirancang untuk memberikan infromasi spasial (bereferensi keruangan), sisten ini dirancang untuk mengcapture, mengecek, mengintegrasikan, memanfaatkan, menganalisis, dan menampilkan data yang secara spasial mereferensikan kepada kondisi bumi (Kota Sukabumi).

“SIGENKO itu seperrti Big Data , salah satunya tersedia data terkait potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dan data tersebut diperbaharui setiap enam bulan sekali untuk memantau perubahan yang terjadi,”terangnya.

Hanya saja saat ini, tambah Reni, aplikasi tersebut masih berbentuk website, dan akan terus dikembangkan agar lebih mudah diakses. Sebab, saat ini dari 7 kecamatan yang ada di Kota Sukabumi, ada dua kecamatan lagi yang saat ini sedang dalam tahap pelengkapan data.

“Makanya, akan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan website Sigenko tersebut,”akunya.

Reni menambahkan, layanan tersebut dapat diakses oleh masyarakat umum. Saat mencari data suatu penduduk, ketika diklik maka dapat diketahui luas rumah tersebut, kemudian jumlah keluarganya, termasuk bisa dilihat apakah statusnya miskin atau tidak keluarga tersebut.

“Yang jelas, tahun depan aplikasi ini akan berbasis Android,”pungkasnya. ardan/wan/mbi.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button