banner 728x250

Koramil 0607-04 Cikole Kota Sukabumi Utara, Terus Lakukan Pembinaan Terhadap Anggota Saka Wira Kartika

Tampak Serma Angga Eka Saputra Saat Melakukan Pembinaan Saka Wira Kartika.
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI,Mbinews.id– Koramil 0607-04 Cikole Kota Sukabumi Utara melakukan terus memberikan pelatihan dan pembekalan kepada peserta anggota Saka wira Kartika. Dalam kegiatan tersebut, diikuti sedikitnya 33 orang dari SMA dan SMK khusunya yang berada di wilayah Kecamatan Cikole.

Serma Angga Eka Saputra yang juga sebagai Pamong Sakakira mengungkapkan, jika kegiatan tersebut sebelumnya sering dilakukan. Seperti pada hari Minggu, (6/3/2022) lalu, pihaknya menggelar pelantikan anggota baru Sakawira Kartika anggkatan ke 10. Yang dikuti oleh 33 siswa dari SMA Negeri 4, SMA Negeri 3, SMK Muhamadiyah, SMA Tamsis, SMK Persada, SMK Negeri 1, SMK Negeri 3, SMA Mardiyuana, dan SMK Alfath.

banner 325x300

“Dari jumlah 33 orang itu, 25 orang sudah dilantik, dan sisanya yang 8 lagi baru dilantik,”ujar Angga, kepada Mbinews.id. Jumat, (11/3/2022).

Angga menambahkan, Saka Wira Kartika atau Satuan Karya Pramuka tersebut merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini, bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

“Tujuanya agar anak-anak pramuka yg dari sekolah- sekolah SMA, khususnya wilayah kecamatan Cikole dapat mengikuti sakawira kartika, agar mengetahui tentang 5 krida,”ucapnya.

Angga menambahkan, yang dimaksud 5 krida itu yakni, yang pertama Krida Mountinering, diman krida ini terdiri dari tiga Syarat Kecakapan Khusus (SKK). yaitu, SKK panjat tebing, turun tebing, dan SKK Travesing, kemudian Krida Navigasi Darat, terdiri dari SKK pengetahuan peta dan Medan, SKK kompas siang dan malam, SKK pengetahuan resection dan intersection, dan SKK pengetahuan global position system (GPS).

Ke tiga Krida Pioneering terdiri dari SKK tali temali, SKK pembuatan jembatan improvisasi, SKK pembuatan perkemahan, dan SKK bekal air dan listrik, ke empat Krida Survival yakni terdiri dari SKK jenis-jenis tumbuhan, SKK jenis-jenis binatang, dan SKK hutan gunung dan ralasuntai, dan yang ke lima Krida Penanggulangan Bencana terdiri dari SKK manajemen penanggulangan bencana, SKK perjalanan dan penanganan gawat rarurat (PPGD), SKK pengetahuan komunikasi radio, dan SKK tata cara memasak.

“Jadi lima krida tersebut wajib diketahui oleh anggota baru yang masuk Saka Wira Kartika,”ujar Angga.

Untuk itu pihaknya berharap, agar di skeolah-sekola SMA atau SMK bisa mengikuti Saka Wira Kartika, karena sangat penting untuk pengetahuan di sekolah. Apalagi, sekarang di semua sekolah pramuka itu sudah diwajibkan bahkan masuk penilaian raport.

“Jadi kami berharap bisa mengikuti Saka Wira Kartika, karena pengetahuannya sangat luas dan banyak manfaatnya. Selain itu juga kami mengajarkan cara pemakaian atribut pramuka yg benar,”pungkasnya.ardan/wan/mbi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.