banner 728x250

Gelar Satria Jomantara, Ukir Prestasi Lewat Pencak Silat

banner 120x600
banner 468x60

BANDUNG, Mbinews.id – Pencak silat, tak hanya sekedar bela diri dan olahraga. Pencak silat juga merupakan wadah untuk mengukir prestasi bagi anak-anak, pemuda, hingga orang dewasa. Hal ini yang coba diterapkan Perguruan Pencak Silat Gelar Satria Jomantara. Yuk, berkenalan dengan kegiatan mereka!

Perguruan Pencak Silat Gelar Satria Jomantara didirikan 14 Februari 2020 oleh Muhammad Iqbal Al-Farisy.

banner 325x300

Pemberian nama Gelar Satria Jomantara diberikan dengan alasan ingin mendirikan perguruan pencak silat sendiri agar bisa lebih mandiri serta bisa bebas dalam hal bereksplorasi dan membuat terobosan baru.

“Sebelumnya, beberapa di antara kami sempat latihan bersama di perguruan yang berbeda,” ujar Pelatih di Perguruan Pencak Silat Gelar Satria Jomantara, Muhammad Iqbal Al-Farisy kepada Humas Kota Bandung, Minggu 27 Maret 2022.

Perguruan ini hanya bergerak di bidang olahraga pencak silat saja, seperti Tunggal, Ganda & Regu (TGR) dan Tanding. Mereka punya dua tempat latihan, yakni di Gelanggang Silat SPORT Jabar, Arcamanik dan satu lagi di area latihan di wilayah Cijotang, Kabupaten Bandung.

Total ada 34 murid yang dibina oleh Gelar Satria Jomantara. Dari total murid tersebut, terdapat dua kategori yang dilatih, yakni kategori seni dan kategori tanding.

Mereka berlatih saban Senin, Rabu, dan Sabtu. Yaitu pukul 15.00-18.00 WIB (Senin dan Rabu), juga pukul 08.00-12.00 WIB pada Sabtu.

Saat ini, Gelar Satria Jomantara telah menjadi anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Sekretariatnya beralamat di Jalan Cigadung Barat Nomor 77 RT 02/08 Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung.

Sedangkan kesekretariatan Gelar Satria Jomantara Kabupaten Bandung berada di Jalan Cijotang Mandiri 5 No 10 Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Ukir Prestasi

Kendati berusia seumur jagung alias dua tahun, namun Gelar Satria Jomantara memiliki prestasi yang gemilang. Lihat saja torehan 27 gelar selama tahun 2021. Artinya, dalam sebulan mereka rata-rata meraup 2 gelar juara selama 2021.

Hal ini diakui Iqbal sebagai titik awal yang baik. Prestasi ini juga merupakan titik balik dari proses selama 2020.

“Sepanjang tahun 2020 anak-anak memang fokus untuk latihan saja. Karena belum ada pertandingan. Begitu tahun 2021 dan pertandingan dibuka, kita masuk-masukin aja dan Alhamdulillah dapet juara,” ujarnya.

Berbicara prestasi, Iqbal menyebut Perguruan Pencak Silat Gelar Satria Jomantara memang fokus terhadap pembinaan anak agar berprestasi di bidang olahraga Pencak Silat.

Tri Widodo selaku Ketua Perguruan juga mengaku orang tua dari murid binaan mereka menyambut positif kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan berlatih pencak silat bisa membantu mengisi waktu luang khususnya bagi para remaja dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

“Disambut baik (oleh orang tua), karena kegiatan ini bisa menjauhkan anak-anak dari pergaulan yang bisa dibilang pergaulan bebas begitu,” ucapnya.

Selain berolahraga, melatih kemampuan bela diri, menjadi atlet binaan Gelar Satria Jomantara juga membuat anak-anaknya punya kans untuk berprestasi di bidang tersebut.

Harapannya, prestasi murid binaan ini bisa menjadi tiket bagi sang murid untuk melanjutkan pendidikan lewat jalur prestasi.

Saat ini, Gelar Satria Jomantara menargetkan atlet-atlet mereka untuk bertanding di kancah PPLD atau PPLP. Selain itu, mereka juga menargetkan atlet binaan mereka juga berlaga di POPDA ataupun Popwilnas.

Bela Diri Bukan untuk Pamer Kekuatan

Pesan penting juga disampaikan oleh Iqbal dan Tri. Keduanya sepakat menyebut bela diri ini bukanlah ajang untuk pamer kehebatan atau jago-jagoan.

Mereka juga menyarankan bela diri ini sebagai sarana mengendalikan diri, mengendalikan emosi, dan juga tentunya mengukir prestasi positif di masa yang akan datang.

“Bukan untuk jago-jagoan atau siapa yang lebih kuat (bela diri). Tapi untuk belajar mengendalikan diri sendiri,” pesannya.

Jika masih penasaran dengan kegiatan Gelar Satria Jomantara, anda bisa mengunjungi sesi latihan mereka di SPORT Jabar, Arcamanik Kota Bandung, atau tempat latihan mereka di Cijotang, Kabupaten Bandung. Seperti sudah diketahui, mereka berlatih pada Senin, Rabu dan Sabtu.

Atau anda bisa menghubungi lewat Instagram @jomantara_official jika ingin bertanya lebih lanjut.(ray-pipi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.