banner 728x250

Kesbangpol Kota Sukabumi, Gelar Peningkatan Kesadaran Bela Negara Bagi Mahasiswa

Wali kota Sukabumi, Achmad Fahmi Saat Membuka Kegiatan Peningkatan kesadaran bela negara bagi mahasiswa
banner 120x600
banner 468x60

SUKABUMI,Mbinews.id– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Sukabumi meyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran bela negara bagi puluhan mahasiswa. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, dihadiri juga oleh Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Infanteri Dedy Ariyanto, di salah satu Hotel Kota Sukabumi. Kamis, (27/10/2022).

Fahmi mengungkapkan, bahwa bela negara merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa pengecualian. Kesadaran bela negara memiliki berbagai manfaat bagi generasi muda. Seperti, membangun jiwa kebersamaan dan solidaritas, membentuk mental serta fisik yang tangguh, dan menanamkan jiwa patriotisme.

banner 325x300
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan

Baca Juga:https://mbinews.id/2022/01/27/bentuk-bela-negara-edwin-senjaya-bangkitkan-jiwa-patriotisme-nasionalisme-dan-rasa-cinta-kepada-nkri/

“Kegiatan ini sebagai upaya percepatan langkah-langkah, sehingga warga Sukabumi memiliki kesepahaman pentingnya bela negara. Di mana dalam UUD 1945 disebutkan setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam pembelaan negara,”ucapnya.

Di satu sisi, lanjut Fahmi, warga negara mempunyai hak dan sisi lain wajib dalam pembelaan negara. Sejalan dengan tujuan melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

“Intinya tugas dan tanggungjawab sebagai warga negara yang baik. Dalam kesadaran bela negara ada dua unsur.Yakni, kesediaan berbakti kepada negara dan berkorban membela negara,”ujarnya.

Baca Juga:https://mbinews.id/2022/08/18/safari-organisasi-kesbangpol-sambangi-pwi-kota-bandung/

Sementara itu Kepala Bakesbangpol, Yudi Yustiawan, menjelaskan, bahwa kegiatan yang diikuti oleh 50 orang mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Sukabumi, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan nilai bela negara, serta mendorong mahasiswa berada digarda terdepan dalam pemahaman dan penerapan bela negara.

“ini dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman nilai bela negara di kalangan masyarakat khususnya mahasiswa. Mereka adalah generasi penerus bangsa dan garda terdepan dalam penanaman bela negara,”pungkasnya.ardan/wan/mbi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.