• TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA CYBER
  • DISCLAIMER
  • REDAKSI
Rabu, Oktober 15, 2025
  • Login
mbinews.id
Advertisement
  • Home
  • Jabar
    • Bandung Raya
    • Cimahi & KBB
    • Cianjur
    • Bogor
    • Majalengka
    • Sukabumi
  • Sumut
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Nasional
  • Olahraga
  • Politik
    • Parlemen
  • Regional
  • TNI/POLRI
No Result
View All Result
  • Home
  • Jabar
    • Bandung Raya
    • Cimahi & KBB
    • Cianjur
    • Bogor
    • Majalengka
    • Sukabumi
  • Sumut
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Nasional
  • Olahraga
  • Politik
    • Parlemen
  • Regional
  • TNI/POLRI
No Result
View All Result
mbinews.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Regional
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Politik
  • Lifestyle
  • Ragam

NGULIK: Sekda Kota Bandung Sebut Pengaduan Bukan Hanya Angka Tapi Suara Warga yang Ingin Perbaikan atau Perubahan

Oktober 9, 2025 - 21:02:53
in Berita, Pemerintahan
NGULIK: Sekda Kota Bandung Sebut Pengaduan Bukan Hanya Angka Tapi Suara Warga yang Ingin Perbaikan atau Perubahan

Bandung || MBInews.id — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain menilai, para admin LAPOR! merupakan salah satu garda terdepan penyelesaian masalah di masyarakat. Berkat peran para admin, pengaduan masyarakat di Kota Bandung bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Zul, sapaan akrabnya mengungkapkan, selama tahun 2024 dari 953 pengaduan yang masuk, 100% telah ditindaklanjuti. Sedangkan pada semester I 2025, sebanyak 450 pengaduan yang masuk hingga 30 Juni juga 100% ditindaklanjuti.

“Rata-rata waktu penyelesaiannya 5,6 hari dari SOP 7 hari kerja,” papar Zul pada acara NGULIK (Ngobrol dan Diskusi Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara daring, pada Kamis, 9 Oktober 2025.

BeritaLainnya

Wujudkan Literasi Tanpa Batas, SMPN 35 Kota Bandung Dilengkapi Perpustakaan Digital

Pelantikan Pengurus FBS 2025-2029, Sekda Kota Bandung: Kesehatan adalah Kebutuhan Utama

NGULIK kali ini mengangkat tema “Tingkatkan Pelayanan Publik melalui Penanganan Pengaduan”.

Sekda mengungkapkan, pengaduan yang paling banyak masuk terkait gangguan ketertiban umum (57 pengaduan), jalan rusak (38), lampu PJU (37), sampah menumpuk (23), serta pencemaran (19).

“Setiap pengaduan bukan hanya angka, tetapi suara warga yang menginginkan perubahan dan perbaikan. Oleh karena itu, tindak lanjut yang cepat, tepat, dan profesional adalah bentuk nyata pemerintah hadir bagi masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu juga, Zul mengatakan, Pemkot Bandung terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Humas Bandung, Prokopim, PPID, layanan darurat 112, dan admin media sosial OPD untuk mempercepat efektivitas layanan pengaduan.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Bandung, Radea Respati Paramudhita, menekankan pentingnya transformasi digital dalam pelayanan publik.

“Digitalisasi adalah sebuah keharusan. Saya mengapresiasi Diskominfo Kota Bandung yang aktif memanfaatkan kanal media sosial, website resmi, dan aplikasi LAPOR! untuk menampung aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Barat, Dan Satriana mengingatkan pentingnya penanganan pengaduan sebagai salah satu kunci peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, berbagai alternatif penyelesaian pengaduan dapat menjadi rujukan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Di kesempatan yag sama, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A Brilyana menegaskan, komitmen Pemkot Bandung untuk terus menghadirkan layanan publik yang transparan dan responsif.

“Kehadiran kita di sini menunjukkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya terkait layanan pengaduan dan aspirasi masyarakat di Kota Bandung,” ungkap Yayan.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat 225 Admin LAPOR! dari seluruh OPD, Kecamatan, Kelurahan, BLUD, hingga BUMD yang berperan aktif menerima serta menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui Aplikasi SP4N-LAPOR!.

“Peran serta para admin ini sangat penting dalam mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada pemenuhan hak dan kebutuhan masyarakat,” ucapnya. *red

Tags: admin LAPORIskandar ZulkarnainNGULIKPengaduanSekda Kota BandungSuara Warga
Share216Tweet135

BeritaTerkait

Wujudkan Literasi Tanpa Batas, SMPN 35 Kota Bandung Dilengkapi Perpustakaan Digital
Berita

Wujudkan Literasi Tanpa Batas, SMPN 35 Kota Bandung Dilengkapi Perpustakaan Digital

Bandung || MBInews.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkolaborasi dengan Centratama Group dan Human Initiative memghadirkan Perpustakaan Digital di SMP...

Oktober 14, 2025
Pelantikan Pengurus FBS 2025-2029, Sekda Kota Bandung: Kesehatan adalah Kebutuhan Utama
Berita

Pelantikan Pengurus FBS 2025-2029, Sekda Kota Bandung: Kesehatan adalah Kebutuhan Utama

Bandung || MBInews.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mewujudkan pembangunan kesehatan berkelanjutan melalui berbagai program lingkungan dan sosial. Termasuk...

Oktober 14, 2025
Wali Kota Bandung Tinjau Program Rutin Siskamling Siaga Bencana di Wilayah Kelurahan Pelindung Hewan
Berita

Wali Kota Bandung Tinjau Program Rutin Siskamling Siaga Bencana di Wilayah Kelurahan Pelindung Hewan

Bandung || MBInews.id -- Langit sore di Kelurahan Pelindung Hewan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung tampak mendung, namun kesibukan warga Kelurahan...

Oktober 13, 2025
Bandung Scout Move On, Erwin Minta Gerakan Pramuka Terus Konsisten dalam Membina dan Menggerakkan Peserta Didik
Berita

Bandung Scout Move On, Erwin Minta Gerakan Pramuka Terus Konsisten dalam Membina dan Menggerakkan Peserta Didik

Bandung || MBInews.id -- Dinas Pendidikan Kota Bandung berkolaborasi dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung menggelar Kursus Orientasi Kepramukaan...

Oktober 13, 2025
Next Post
Pemkot Bandung Serahkan Dokumen Kependudukan Lengkap Kepada Ratusan Warga Rumah Deret Tamansari, Setelah 8 Tahun Tertunda

Pemkot Bandung Serahkan Dokumen Kependudukan Lengkap Kepada Ratusan Warga Rumah Deret Tamansari, Setelah 8 Tahun Tertunda

Wakil Wali Kota Bandung: Pemerintah Bertanggung Jawab Pastikan Pembangunan dan Tata Ruang Berjalan Efektif dan Berkelanjutan

Wakil Wali Kota Bandung: Pemerintah Bertanggung Jawab Pastikan Pembangunan dan Tata Ruang Berjalan Efektif dan Berkelanjutan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recommended

Rangkaian HPN 2022, PWI dan IKWI Jabar Gelar Lomba Menyanyi Pop Sunda

Rangkaian HPN 2022, PWI dan IKWI Jabar Gelar Lomba Menyanyi Pop Sunda

Maret 9, 2022
Melalui Video Singkat, Komeng Berikan Dukungan Kepada Fahmi-Dida di Pilkada Kota Sukabumi 2024

Melalui Video Singkat, Komeng Berikan Dukungan Kepada Fahmi-Dida di Pilkada Kota Sukabumi 2024

November 18, 2024
Pansus 1 DPRD Jabar dan Disdik Jabar Lakukan Kunker ke SMKN 1 Pacet Cianjur

Pansus 1 DPRD Jabar dan Disdik Jabar Lakukan Kunker ke SMKN 1 Pacet Cianjur

April 12, 2022
Demi Xpander, Mitsubishi Bakal Mengimpor Kembali Pajero Sport

Demi Xpander, Mitsubishi Bakal Mengimpor Kembali Pajero Sport

Maret 16, 2019
No Result
View All Result
  • DISCLAIMER
  • Disclaimer
  • Home 1
  • Indeks
  • Kode Etik
  • PEDOMAN MEDIA CYBER
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • REDAKSI
  • Sample Page
  • TENTANG KAMI

© 2023 MBINEWS - Design by MFCTeam.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In