Nasional

Pembangkit Listrik Suralaya Alami Gangguan Hingga Terjadi Padam Massal

Mbinews.id, Cimahi– Terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah area Jawa Barat meliputi Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor. PT PLN mengungkapkan penyebabnya matinya listrik di sejumlah wilayah di Pulau Jawa. Hal itu disebabkan gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa.

Dari informasi yang diterima, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan, pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 di Pembangkit Listrik Suralaya mengalami gangguan. Sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).

Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek padam. Saat ini, PLN melakukan perbaikan dengan melakukan pengamanan kawat tanah atau kawat grounding Ground Steel Wiring (GSW) yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya.

Pihaknya juga akan melaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang setipe, serta melakukan pengaturan beban dari Unit Pelayanan Pengatur Beban (UP2B) untuk meminimalisir pemadaman.*

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button